Home / Kesehatan / Ini 7 Sayuran yang Mengandung Zinc Tertinggi untuk Perkuat Imun Tubuh

Ini 7 Sayuran yang Mengandung Zinc Tertinggi untuk Perkuat Imun Tubuh

KEPRIPOS.COM – Zinc adalah mineral yang punya peran penting untuk tubuh. Konsumsi sayuran yang mengandung zinc tertinggi ini baik untuk tingkatkan imunitas.

Zinc atau seng adalah mineral yang memiliki beragam fungsi untuk tubuh. Diantaranya melakukan metabolisme nutrisi, meningkatkan imunitas, serta menumbuhkan dan memperbaiki jaringan tubuh.

Sayangnya tubuh tidak dapat memproduksi zinc, sehingga asupan mineral ini didapat dari konsumsi makanan mengandung zinc atau suplemen zinc.

Mengenai kebutuhannya, pria disarankan mengasup zinc 11 mg per hari dan wanita 8 mg. Dengan memenuhi kebutuhan zinc harian ini, diharapkan sistem imun tubuh ikut terlindungi.

Menurut European Journal of Immunology, asupan zinc dalam tubuh berguna untuk mengaktifkan sel T (limfosit T). Sel ini bekerja dengan dua cara yaitu mengendalikan respon imun dan menyerang sel yang membawa kuman penyebab penyakit.

Beberapa makanan terkenal tinggi zinc, seperti daging sapi, tiram, telur, hingga produk susu. Namun tahukah kamu kalau sayuran juga ada yang tinggi zinc?

Meski kandungan zinc-nya tidak sebanyak pada makanan hewani, namun konsumsi sayuran kaya zinc ini tentu bagus juga untuk kesehatan. Sebab sayuran merupakan sumber serat, banyak vitamin, dan mineral lainnya.

Berikut 7 sayuran yang mengandung zinc tertinggi, seperti dilansir detikcom:

1. Jamur shiitake
Jamur adalah sayuran yang bisa diandalkan, termasuk oleh vegan, untuk mendapatkan asupan zinc. Tiap 100 gram jamur shiitake mengandung 1,3 mg zinc yang berarti memenuhi 12% kebutuhan harian akan zinc.

Jamur shiitake juga mengandung asam amino, antioksidan, selenium, dan vitamin B kompleks yang membuatnya bagus untuk meningkatkan sistem imun tubuh secara keseluruhan. Manfaat sehat lainnya, jamur shiitake mampu menjaga kesehatan tantung karena kaya kandungan kalium.

2. Kacang polong
Sayuran yang mengandung zinc tertinggi selanjutnya adalah kacang polong. Tiap 100 gram kacang polong mengandung 1,2 mg zinc yang artinya memenuhi 11% kebutuhan harian akan zinc.

Kacang polong biasanya dijadikan salah satu isian tumis sayur, dicampurkan ke dalam nasi goreng, ataupun sup. Mengenai manfaat sehatnya, kacang polong tinggi antioksidan sehingga dapat mengurangi risiko kanker. Kacang polong juga sumber serat dan protein yang baik.

3. Bayam
Terkenal sebagai sayuran hijau paling sehat, bayam juga termasuk sayuran tinggi zinc. Tiap mengonsumsi 100 gram bayam, kamu bisa mengasup 7% kebutuhan harian akan zinc. Jumlahnya sekitar 0,8 gram.

Dalam kaitannya dengan imunitas tubuh, bayam adalah juaranya. Sebab sayuran berdaun ini juga mengandung vitamin C dan antioksidan betakaroten. Pastikan kamu tidak memasak bayam terlalu lama agar nutrisinya tetap terjaga.

4. Asparagus
Di balik teksturnya yang renyah segar, asparagus juga menyimpan sejuta manfaat sehat. Konsumsi asparagus bisa mengurangi risiko serangan jantung, menjaga kadar gula darah tetap stabil, dan meningkatkan sistem imun tubuh karena mengandung vitamin E.

Untuk kandungan zinc, tiap 100 gram asparagus mengandung 0,6 mg. Jumlah ini berarti mampu memenuhi 5% kebutuhan harian akan zinc.

5. Brokoli
Sayuran yang mengandung zinc tertinggi selanjutnya adalah brokoli. Sayuran hijau ini memang jadi favorit para pelaku hidup sehat. Tiap 100 gram brokoli mengandung 0,5 mg zinc yang mampu memenuhi 4% kebutuhan harian akan zinc.

Brokoli juga mirip bayam dalam manfaatnya meningkatkan imunitas tubuh. Sebab brokoli mengandung vitamin, A, C, E, dan antioksidan lain yang bagus untuk kesehatan secara menyeluruh.

6. Okra
Okra juga masuk dalam daftar sayuran yang mengandung zinc tertinggi. Dalam tiap 100 gram okra mengandung 0,4 mg zinc atau mampu memenuhi 4% kebutuhan harian akan zinc. Biasanya okra diolah menjadi tumisan atau isian sayur.

Selain zinc, okra ternyata mengandung beragam mineral lain seperti kalium, magnesium, tembaga, fosfor, dan kalsium. Okra juga mengandung vitamin A, B, C sampai vitamin K.

7. Jagung manis
Satu lagi sayuran yang mengandung zinc tertinggi. Kamu bisa mengandalkan asupan jagung manis. Dalam tiap 100 gram jagung manis mengandung 0,5 mg zinc atau mampu memenuhi 4% kebutuhan harian akan zinc.

Manfaat jagung untuk kesehatan juga banyak diantaranya menyehatkan jantung, menurunkan risiko diabetes, dan mengatasi konstipasi. Bonus lainnya, jagung manis memiliki rasa yang enak dan bisa diolah menjadi beragam masakan. (mg1)

Check Also

2 Kecamatan di Batam Masih Zona Merah Covid-19, Total Kasus Positif 5768, Sembuh 5431

KEPRIPOS.COM – Dua kecamatan di Batam masih zona merah Covid-19, total kasus positif 5768, sembuh …