Home / Internasional / Profil Negara Uzbekistan: Lawan Timnas Indonesia di Piala Asia U-23

Profil Negara Uzbekistan: Lawan Timnas Indonesia di Piala Asia U-23

Jakarta – Tim Nasional Indonesia U-23 akan menghadapi Uzbekistan pada babak Semi Final Piala Asia U-23 2024 di Qatar. Meski dikenal sebagai salah satu negara dengan tim muda terbaik di kawasan Asia, tidak banyak yang tahu tentang Uzbekistan.

Uzbekistan, negara di Asia Tengah, berbatasan dengan Kazakhstan, Turkmenistan di barat dan utara, Afghanistan di selatan, serta Tajikistan dan Kyrgyzstan di timur.

Dengan populasi 31 juta jiwa (sensus 2015), ibu kotanya di Tashkent, Uzbekistan, pernah menjadi pusat dari Jalur Sutra yang menghubungkan China dengan Timur Tengah dan Roma kuno. Setelah Kekaisaran Rusia dan kemudian Uni Soviet menguasainya, Uzbekistan meraih kemerdekaannya pada 1991.

Etnis Uzbek merupakan lebih dari empat perlima populasi, diikuti oleh Tajik, Kazakh, Tatar, Rusia, dan Karakalpak. Mayoritas penduduknya adalah Muslim Sunni.

Di bawah kekuasaan Presiden Islam Karimov hingga 2016, Uzbekistan terkenal dengan ekspor kapas, gas, dan emasnya. Namun, penggantinya, Shavkat Mirziyoyev, berusaha melakukan diversifikasi ekonomi untuk mengatasi stagnasi.

Selain bahasa Uzbek, bahasa Rusia juga digunakan secara luas di Uzbekistan. Sepak bola dan futsal menjadi olahraga favorit di negara ini, dengan prestasi yang kuat di level internasional.

Sumber : okezone.com

Check Also

Israel Setop Semua Bantuan ke Gaza usai Rebut Perlintasan Rafah, Zionis Sama Saja Hukum Mati Semua Warga Palestina

Pasukan Israel merebut perbatasan utama antara Mesir dan Gaza selatan pada Selasa (7/5/2024), menutup jalur …