Home / Lifestyle / Tahukah Kamu, Saffron Ternyata Memiliki Banyak Manfaat Bagi Kesehatan

Tahukah Kamu, Saffron Ternyata Memiliki Banyak Manfaat Bagi Kesehatan

Saffron adalah nama untuk rempah-rempah dari bunga Crocus Sativus (bunga pacar). Tanaman ini berasal dari Asia Barat Daya dan saffron ini merupakan remph dengan harga termahal di dunia karena cara penanaman dan pemanenannya yan rumit. Saffron memiliki rasa khas sedikit pahit dan berbau harum.

Sejumlah penelitian menunjukan bahwa saffron memiliki manfaat bagi kesehatan, yaitu sebagai berikut.

1. Menurunkan risiko penyakit jantung dan kanker di dalam tubuh

Saffron mengandung berbagai komponen antioksidan, sehingga dapat melindungi tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas. Radikal bebas dapat menyebabkan berbagai penyakit kronis, seperti penyakit jantung dan kanker.

2. Menurunkan nafsu makan dan mengurangi berat badan

Sebuah penelitian terhadap sekelompok wanita menunjukkan bahwa wanita yang mengonsumsi saffron selama 8 minggu mengalami penurunan nafsu makan dan berat badan badan yang signifikan disbanding kelompok wanita yang tidak mengonsumsi saffron.

3. Baik untuk penderita diabetes

Pada penelitian awal yang melibatkan sampel tikus sebagai uji coba, saffron dapat meningkatkan sensitivitas hormon insulin. Namun, tentu saja hal ini masih perlu diteliti lebih lanjut untuk membuktikan manfaat saffron dalam membantu pengobatan pasien diabetes.

4. Mengurangi rasa sakit saat haid

Pada sebuah penelitian, kelompok wanita yang mengonsumsi kapsul berisi 15 mg saffron sebanyak 2 kali sehari mengalamigejala fisik dan emosional premenstrual syndrome (PMS) yang lebih ringan dibanding kelompok wanita yang tidak mengonsumsi kapsul berisi saffron tersebut.

5. Meningkatkan mood dan mengobati gejala depresi

Suplemen saffron dapat menjadi tambahan dalam pengobatan depresi ringan hingga sedang, dengan efek samping yang cenderung minimal. Saffron juga memiliki efek antiradang, antioksidan, dan neuroproteksi (Perlindungan pada saraf).

Saffron aman dikonsumsi selama dosisnya tidak berlebihan. Beberapa efek samping yang dapat ditimbulkan jika saffron dikonsumsi secara berlebihan adalah sakit kepala, nyeri perut, mual, perubahan nafsu makan, mulut kering, dan rasa kantuk.

Selain itu, jika mengonsumsi saffron lebih dari 5 gram per hari berisiko menyebabkan keguguran pada ibu hamil. Jadi, sebelum mengonsumsi saffron dianjurkan untuk konsultasi dulu dengan dokter agar anda mengetahui bagaimana aturan dalam mengonsumsi  saffron.

Check Also

Bisakah Orang Hidup Dengan Satu Ginjal Dengan Normal?

Ginjal merupakan organ yang berada di bagian bawah tulang rusuk belakang tubuh manusia. Walaupun hanya …