Home / Ekbis / UMKM & Konsumer Jadi Sumber Penopang Utama Pertumbuhan Kredit Bank Riau Kepri di Semester 1/2021

UMKM & Konsumer Jadi Sumber Penopang Utama Pertumbuhan Kredit Bank Riau Kepri di Semester 1/2021

KEPRIPOS.COM, PEKANBARU — Segmen usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dan konsumer menjadi penopang utama pertumbuhan kredit di PT. Bank Riau Kepri semester 1/2021.

Tercatat penyaluran kredit dan pembiayaan di Bank Riau Kepri pada periode tersebut tumbuh senilai Rp18,82 triliun, di segmen mana UMKM dan konsumer berkontribusi sebesar 5,33% secara yoy. pertumbuhan juga terlihat di KUR dan FLPP.

“Per semester 1/2021 penyaluran kredit dan pembiayaan menjadi senilai Rp18,82 triliun, atau tumbuh 5,33% secara year on year. Ditopang oleh kredit UMKM, konsumer termasuk KUR dan FLPP,” kata Direktur Utama Bank Riau Kepri Andi Buchari.

Dia menambahkan, jika dilihat secara sektor usaha, pertumbuhan kredit disokong sektor perkebunan kelapa sawit, pertanian perikanan, dan peternakan hingga industri hilirnya (pengolahan dan perdagangan).

Andi menuturkan dengan melaporkan pajak kredit dan pembiayaan turut mendukung laba sebelum dengan ninail melebihi target yang telah ditetapkan sebelumnya sebesar Rp262 miliar di semester 1/2021.

Dengan penghasilan ini, perseroan mencatat pertumbuhan laba hingga 102% dari target yang sudah ditetapkan yakni Rp257 miliar.

Namun, jika dibandingkan dengan sebelum laba pajak periode yang sama tahun lalu sebesar Rp377,62 miliar, maka laba tersebut turun 30,62%,” kata Andi Buchari.

Dia juga menyebut, bahwa sejauh ini berhasil tekan angka kredit bermasalah atau nonperforming loan (NPL) dari 3,28% menjadi 2,93% pada semester I/2021.

“Kami akan terus menjaga efisiensi operasional untuk mendorong pertumbuhan laba perusahaan. Dengan demikian rasio BOPO tercatat sebesar 77,02%,” tulisnya.

Selain itu, kata Andi Buchari, pengimpunan Dana Pihak Ketiga atau DPK di Bank Riau Kepri tumbuh 18,55% menjadi Rp25,74 triliun. Dengan demikian nilai aset BPD tersebut sudah Rp30,07 triliun. (ADV)

Check Also

Resmi Luncurkan Layanan QRIS, Inovasi Baru dalam Proses Konversi Bank Riau Kepri ke Syariah

KEPRIPOS.COM – PT. Bank Riau Kepri secara resmi telah menambahkan fitur baru berupa Quick Response …