Home / Berita / Unjuk Karya, Mahasiswa UIN Suska Riau Gelar Pameran Fotografi di FDK

Unjuk Karya, Mahasiswa UIN Suska Riau Gelar Pameran Fotografi di FDK

KEPRIPOS.COM – Sebanyak 120 Mahasiswa Universitas Islam Negeri (UIN) Suska Riau menggelar pameran fotografi Bersama di Fakultas Dakwah dan Komunikasi (FDK) UIN Suska Riau sejak 14 Juni 2021 lalu. Selain di pajang di FDK UIN Suska, foto tersebut juga dapat dilihat melalui sosial Instagram pameranfotografi_virtual.

Kegiatan yang memajang sebanyak 100 lebih karya foto mahasiswa dari angkatan 2019 konsentrasi broadcasting ini bukan sembarang pameran. Pasalnya, karya yang di posting di Instagram tersebut akan dinilai dalam rangka memenuhi Ujian Akhir Semester (UAS) mereka untuk mata kuliah Fotografi.

“Pameran fotografi ini bertujuan untuk memenuhi tugas Ujian Akhir Semester (UAS) dan sekaligus mengasah kemampuan mahasiswa dibidang ilmu komunikasi khususnya fotografi,” ungkap Ahmad Syafi’i Nasution selaku ketua pelaksana.

Lebih lanjut, dikatakan Syafi’i, Mahasiswa angkatan 2019 konsentrasi broadcasting sangat antusias dalam mengikuti ujian dan pameran foto ini. “Walau masih dalam keadaan Covid-19 yang mengharuskan kita kuliah secara virtual tidak menghalangi semangat kita untuk berkarya di masa pandemi ini,” tukasnya.

Hari Jummaulana M.I.Kom selaku dosen mata kuliah Fotografi, tujuannya sama seperti pameran yang diadakan di FDK tahun 2019 lalu, selain memenuhi tugas Ujian Akhir Semester mata kuliah fotografi, pameran ini juga bertujuan sebagai pengembangan dari mata kuliah fotografi agar teori-teori yang diajarkan bisa di praktekan.

“Tujuan utamanya jelas untuk UAS, yang kedua ini juga sebagai pengembangan dari mata kuliah Fotografi itu sendiri, jadi saya berusaha supaya teori-teori itu bisa dipraktekkan dengan pameran seperti ini meski dalam kondisi covid-19 tetap mahasiswa diharapkan bisa berkarya,” pungkasnya.

Selain itu, sambungnya, karya fotografi yang di pajang di Instagram juga diperlombakan. “Foto yang dipajang di instagram pameranfotografi_virtual juga diperlombakan dengan ketentuan, foto yang sudah di upload sejak awal Januari 2021 lalu akan diberi waktu hingga 20 Januari 2021 mendatang. Siapa yang mendapatkan like terbanyak dari viewer akan mendapatkan giveway masing-masing Rp200 ribu untuk 4 orang pemenang dari masing masing kelas,” katanya.

Menurut Yanti Dasmiyarni, S.Kom., M.M selaku Kepala Bagian Tata Usaha FDK, pihaknya mengaku bangga dengan kemampuan yang dimiliki mahasiswa.

“Foto-fotonya oke, Alhamdulillah ikut bangga dengan kemampuan yang dimiliki mahasiswa. Pimpinan juga senang, karena menambah nilai keindahan kampus. InsyaAllah dapat menambah nilai untuk akreditasi karena dapat menampilkan karya seni dan prestasi dari mahasiswa FDK. Terima kasih juga karena sudah dapat berpartisipasi untuk keindahan kampus kita. Semoga mahasiswa FDK selalu sukses dan dapat menjaga nama baik Universitas khususnya FDK dimanapun mereka nanti berkarya,” harapnya.

Hal senada juga diapresiasi oleh Dekan FDK, Dr. Nurdin, MA. “Bagus-Bagus dan kreatif,” ujarnya.*

Check Also

Warga Daerah Terpencil di Riau Minim Divaksin, Gubri: Vaksinnya yang Tak Ada!

KEPRIPOS.COM – Warga yang berada di daerah-daerah terpencil di Riau sejauh ini masih minim mendapatkan …