Home / Berita / 17 Mesin Pembangkit Baru PLN Tanjung Balai Karimun akan Dipasang di PLTD Bukit Carok

17 Mesin Pembangkit Baru PLN Tanjung Balai Karimun akan Dipasang di PLTD Bukit Carok

KEPRIPOS.COM (KPC), KARIMUN – PLN Rayon Tanjung Balai Karimun mendapat tambahan 17 mesin pembangkit masing-masing berkapasitas 1 MW. Seluruhnya akan dipasang pada Gardu PLTD Bukit Carok sebagai penunjang produksi daya untuk pelanggan meliputi empat kecamatan di Pulau Karimun Besar.

Dijadwalkan mesin tersebut tiba di Tanjung Balai Karimun, Jumat pekan ini. Insya Allah, nanti gubernur yang akan melepas dari kapal menuju gardu PLTD Bukit Carok, Kecamatan Tebing,” kata Kepala PLN Rayon Tanjung Balai Karimun Fauzar Zain, Minggu (01/1/2017).

Menurut dia pondasi dan jaringan sudah selesai sehingga ke 17 pembangkit tenaga diesel siap untuk dipasang dan diuji coba.

“Teknisi sudah bekerja dan terus melakukan penyempurnaan jelang kedatangan 17 mesin pembangkit tersebut,” kata dia.

Penambahan 17 mesin pembangkit dengan total daya 17 MW tersebut, menurut dia merupakan satu program untuk meningkatkan pelayanan dan memperluas jangkauan akses listrik bagi masyarakat di Kecamatan Tebing, Karimun, Meral, dan Meral Barat.

Fauzar menyebutkan kapasitas daya yang dihasilkan dari semua mesin pembangkit termasuk mesin pembangkit tenaga uap 2×7 MW di PLTU Tanjungsebatak, memang mencukupi untuk kebutuhan pelanggan.

“Daya yang dihasilkan saat ini sekitar 29 MW, sedangkan kebutuhan daya saat beban puncak sekitar 24 MW, sehingga masih ada kelebihan daya sekitar 5 MW,” jelasnya.

Dengan datangnya 17 mesin pembangkit tersebut, menurut dia akan memperkuat pelayanan dan perluasan pelanggan rumah tangga hingga kebutuhan dunia usaha.

“Kita berharap tidak ada lagi masyarakat yang tidak menikmati listrik. Ini sudah menjadi komitmen kami,” kata Fauzar Zain. (*)

Check Also

Gempa Kuat 5,3 M Guncang Sulteng Siang Ini

KEPRIPOS.COM – Gempa dengan kekuatan 5,3 magnitudo mengguncang Sulawesi Tengah (Sulteng) siang ini, Senin 8 …

Leave a Reply