Home / Berita / 3 Ribu-an Orang Mulai Padati Istiqlal Ikuti Aksi 4 November

3 Ribu-an Orang Mulai Padati Istiqlal Ikuti Aksi 4 November

KEPRIPOS.COM (KPC), Jakarta — Sekitar 3.000 orang dari sejumlah daerah mulai memadati Masjid Istiqlal untuk ikut serta dalam aksi unjuk rasa atas kasus dugaan penistaan agama yang dilakukan oleh Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok.

Berdasarkan pantauan CNNIndonesia.com, sejumlah warga yang datang ke salah satu Masjid terbesar di kawasan Asia Tenggara dan Asia Timur tersebut terlihat telah mengenakan sejumlah atribut khusus, serta pakaian khas umat muslim, yaitu gamis dan kemeja koko.
Hudri, 49 tahun, salah seorang warga dari Serang, Banten, menyatakan bahwa kedatangannya ke Jakarta murni untuk mengikuti aksi unjuk rasa tersebut. Ia bilang, penyataan Ahok terkait ayat 51 dalam surat Al Maidah menyakiti perasaan umat muslim.
Sebagai pejabat negara, ia menilai, Ahok tidak pantas berkata demikian. “Pernyataan Ahok disengaja atau tidak, saya sebagai umat Islam merasa terkejut,” ujarnya di pelataran Masjid Istiqlal, Jakarta, Kamis (3/11).
Hudri berkata, Ahok harus menanggung resiko atas penyataannya tersebut. Sanksi pidana adalah solusi menyelesaikan masalah tersebut. “Saya meminta proses penegakan hukum oleh kepolisian bisa dilakukan seadil-adilnya,” tegas dia.
Lebih lanjut Hudri menuturkan, niatnya mengikuti aksi tidak terkait dengan Pemilihan Kepala Daerah DKI Jakarta. Ia mengaku, isu itu merupakan skenario untuk memprovokasi aksi.
“Aksi ini di luar politik. Ini murni penistaan agama,” terangnya.
Sementara itu, Iman, 29 tahun, warga Cirebon, menyebut bahwa kedatangannya murni untuk menuntut pertanggungjawaban dari pernyataan Ahok. Ia menampik ada biat politik di balik aksi esok.
“Tidak ada politik atau sebagainya. Buat apa saya jauh-jauh dari Cirebon ke Jakarta untuk itu,” katanya.
Senada dengan Hudri, Iman menjelaskan, penyataan Ahok merupakan bentuk penistaan agama. Pria yang sejak pagi tadi tiba di Jakarta dengan menumpang kereta api itu berpendapat, Ahok tak pantas mentafsirkan ayat yang ada di dalam Al-Quran.
“Pernyataan Ahok tidak tepat. Tafsiran dia atas ayat itu amat berbahaya,” imbuh Iman.
Kendati demikian, Iman juga berharap, aksi esok akan berjalan damai. Ia mengaku, hanya menuntut Ahok masuk penjara atas pernyataannya yang dinilai melukai perasaan umat muslim.
Aksi unjuk rasa lanjutan atas dugaan penistaan agama yang dilakukan Ahok akan kembali digelar pada 4 November 2016. Diperkirakan, tidak kurang dari 100 ribu orang bakal mengikuti aksi tersebut.
Para pengunjuk rasa sedianya akan melakukan long march dari Masjid Istiqlal ke Istana Negara. Kepolisian dan TNI juga sudah menyiagakan 18 ribu personel keamanan. Polisi akan berpatokan pada Peraturan Kapolri Nomor 16 Tahun 2006 tentang Pedoman Pengendalian Massa.

(CNN INDONESIA.com)

Check Also

Warga Daerah Terpencil di Riau Minim Divaksin, Gubri: Vaksinnya yang Tak Ada!

KEPRIPOS.COM – Warga yang berada di daerah-daerah terpencil di Riau sejauh ini masih minim mendapatkan …

Leave a Reply