Home / Berita / 5.000 Pekerja Dapat Jaminan Keselamatan dari CSR BRK

5.000 Pekerja Dapat Jaminan Keselamatan dari CSR BRK

KEPRIPOS.COM (KPC) – Bank Riau Kepri salurkan dana Corporate Social Responsibility (CSR) kepada masyarakat Kepulauan Riau khususnya Kota Batam, Senin (18/12/17). Bantuan dana CSR ini digelontorkan untuk jaminan sosial melalui Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan kepada 5.000 pekerja informal di Kota Batam, pada program Gerakan Nasional Peduli Perlindungan Pekerja Rentan (GN Lingkaran).

Mereka yang terima bantuan itu Ikatan Persaudaraan Imam Mesjid (IPIM) Kota Batam, Persatuan Mubaligh Batam (PMB), Badan Musyawarah Guru Al–Quran (BMGQ) Kota Batam dan Ikatan Pendeta Menetap Batam (IPMB). Dana ini disalurkan dalam bentuk pembayaran iuran jaminan sosial para pekerja tersebut kepada BPJS Ketenagakerjaan.

Bantuan itu terlaksana dalam rangkaian HUT Kota Batam ke 188, di Alun-alun Engku Putri Kota Batam. Hadir Gubernur Kepulauan Riau Dr H Nurdin Basirun SSos, MSi serta anggota DPR RI Dapil Kepri Drs H Nyat Kadir, Kapolda Kepulauan Riau Irjen Pol Didid Widjanardi, Walikota Batam H Muhammad Rudi SE MM beserta Wakilnya Amsakar Ahmad SSos MSi, Sekda Kota Batam H Jefridin MPd, Ketua DPRD Kota Batam Nuryanto SH MH, Kepala BP Batam Dr Lukita Dinarsyah Tuwo, Perwakilan Kementerian Pariwisata RI Deputi Bidang Pengembang Pariwisata Nusantara Hendri Karmoza dan Direktur Pengembangan Investasi BPJS Ketenagakerjaan Amran Nasution beserta Deputi Direktur Wilayah BPJS Ketenagakerjaan sumbar Riau Budiono dan Kepala Cabang BPJS Ketenagakerjaan Kota Batam Surya Rizal.

Sementara itu dari Bank Riau Kepri turut hadir Direktur Utama Bank Riau Kepri DR Irvandi Gustari, Komisaris Independen Taufiqqurahman, Pindiv Umum Andi Mulya, Pindiv Treasury Internasional Yudi Aditya, Pindesk Corsec Winovri serta Pemimpin Bank Riau Kepri Cabang Batam Burhan SE.

Direktur Pengembangan Investasi BPJS Ketenagakerjaan Amran Nasution dalam sambutannya menyampaikan Donasi kepesertaan yang diberikan meliputi dua program, yaitu Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) dan Jaminan Kematian (JKm). Dengan adanya perlindungan ini, pekerja rentan dapat bekerja dengan tenang untuk meningkatkan taraf hidup mereka dan mencapai kesejahteraan. Harapannya agar ke depan, mereka dapat melanjutkan kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan mereka secara mandiri. Ia juga mengapresiasi inisiatif Bank Riau Kepri dalam mendonasikan CSR-nya untuk iuran pekerja rentan ini.

Program GN Lingkaran ini merupakan amanat pemerintah pusat yang digalakkan BPJS Ketenagakerjaan dalam rangka memberi jaminan seluruh tenaga kerja, baik sektor formal maupun informal. Dengan cara menyerap dana CSR dari instansi dan perusahaan BPJS memberikan kesejahteraan bagi pekerja di sektor informal. Sehingga program tersebut jadi solusi bagi banyak perusahaan besar untuk menyalurkan dana CSR kearah yang lebih bermanfaat.

Masih pada acara yang sama Direktur Utama Bank Riau Kepri DR. Irvandi Gustari menyampaikan dipilihnya cara penyaluran dana CSR tersebut agar bantuan yang diberikan sebagai tanggung jawab perusahaan terarah dan tepat sasaran dan kegiatan ini merupakan salah satu bentuk kepedulian Bank Riau Kepri kepada masyarakatnya. Dengan ini para pekerja yang bekerja disektor informal terjamin haknya sebagai pekerja seperti jaminan hari tua, jaminan kecelakaan kerja, jaminan pensiun, jaminan kematian dan manfaat lain.

Gubernur Kepulauan Riau Dr H Nurdin Basirun SSos MSi dan Walikota Batam H Muhammad Rudi SE beserta tamu undangan lainnya juga berkesempatan memberikan langsung secara simbolis santunan jaminan sosial kepada ahli waris tenaga kerja dan juga menyerahkan secara simbolis kartu keanggotaan bagi perwakilan pekerja rentan yang hadir saat launching program tersebut. Gubernur Kepulauan Riau juga mengapresiasi penyaluran dana CSR yang dilakukan oleh Bank Riau Kepri kepada pekerja rentan tersebut karena program ini sangat baik dan bermanfaat. (rls)

Check Also

Luncurkan Aplikasi QRIS Bank Riau Kepri, Gubernur Kepri: Satu Langkah Percepat Digitalisasi

KEPRIPOS.COM, TANJUNGPINANG – Gubernur Provinsi Kepri H Ansar Ahmad SE MM bersama Direktur Utama Bank …

Leave a Reply