Home / Ekbis / Arab, Venezuela dan Rusia Akur, Harga Minyak Dunia Bisa Bangkit

Arab, Venezuela dan Rusia Akur, Harga Minyak Dunia Bisa Bangkit

KepriPos.com – Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said yakin harga minyak dunia akan kembali naik pada tahun ini. Keyakinan tersebut muncul setelah terjadi kesepakatan antara negara produsen minyak untuk mengontrol produksi.

Sudirman mengatakan, Arab Saudi, Rusia dan Venezuela telah menjalin diskusi dan menyepakati untuk mengurangi produksi minyak atau setidaknya tidak akan meningkatkan produksi di tahun ini jika dibandingkan dengan tahun lalu. Langkah pembatasan produksi ini untuk menjaga stok minyak di pasar internasional.

“Mereka bertiga sepakat untuk menjaga produksi, tidak nambah lagi,” kata Sudirman, di Kantor Kementerian ESDM, Jakarta, Jumat (19/2/2016).

Dengan adanya kesepakatan negara-negara yang merupakan produsen minyak terbesar tersebut akan memberikan dampak positif kepada harga minyak dunia. Dengan kesepakatan tersebut harga minyak dunia akan bangkit dari saat ini yang berada di kisaran US$ 30 per barel.

Namun memang, kenaikan harga minyak tidak akan terlalu tinggi atau mencapai titik puncak seperti yang terjadi pada pertengahan 2014 lalu. Pada kisaran Juni 2014, harga minyak di atas level US$ 100 per barel. Bahkan beberapa bulan sebelumnya harga minyak sempat menyentuh US$ 110 per barel.

“Saya membayangkan mungkin setahun ke depan, akan ada rebound meskipun tidak akan terlalu tinggi. Banyak prediksi tahun 2017 ketika mereka sudah capek berantem, banting-membanting, mungkin akan ketemu keseimbangan,” terangnya.

Sudirman mengungkapkan, untuk menciptakan kondisi bisnis yang harga minyak dunia harus seimbang, ‎tidak terlalu tinggi karena akan menciptakan krisi dan tidak terlalu rendah karena akan mematikan bisnis. ” Saya kira harus ketemu keseimbangan yang sehat,” jelas Sudirman.
, karena harus berkonsultasi dengan Kementerian Keuangan terlebih dahulu. “Nanti biar Pak Menteri Keuangan yang menghitung dan kami akan sampaikan masukan-masukan,”‎ tutup Sudirman. (liputan6)

Check Also

Permudah Jasa Layanan Perbankan, Bank Riau Kepri dan Pemkab Rohil MoU

KEPRIPOS.COM – PT. Bank Riau Kepri jalin kerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) dalam …

Leave a Reply