Home / Seputar Kepri / BMKG Tarempa: Kecepatan Angin di Anambas Sempat Capai 23 Knot atau 42,5 KM per Jam

BMKG Tarempa: Kecepatan Angin di Anambas Sempat Capai 23 Knot atau 42,5 KM per Jam

KEPRIPOS.COM (KPC),ANAMBAS – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi ‎Tarempa mencatat kecepatan angin di Anambas sempat menembus angka 23 knot.

Kondisi angin yang terbilang tidak normal ini, menurut Kepala Unit Teknis Stasiun Meteorologi BMKG Tarempa masih akan terjadi hingga beberapa hari kedepan.

“Pada 11 Februari 2017 kemarin, kecepatan angin tercatat 23 knot dengan arah utara. Ini yang paling tinggi dibandingkan hari-hari setelahnya. Dari data kami, tanggal 13 Februari kecepatan angin tercatat 14 knot,” ujarnya Senin (13/2/2017).

Pihaknya merincikan, selain kecepatan angin yang terbilang ekstrem, tinggi gelombang di sekitar perairan Anambas tercatat menembus angka antara empat meter.

Kondisi ini, diprediksi masih akan terjadi selama tiga hari kedepan.

Dari data yang dihimpun, ‎tinggi gelombang pada 13 Februari diprediksi mencapai empat meter dengan kecepatan angin antara 5-30 km/jam.

Tinggi gelombang pun terprediksi turun menjadi tiga setengah meter pada tanggal 14 Februari 2017 dengan kecepatan angin erkisar 5-40 km/jam.

“‎Dengan tinggi gelombang mencapai empat meter, ini sudah masuk kategori ekstrem. Normalnya, antara satu sampai satu setengah meter. Kondisi ini akibat kondisi angin utara,” katanya.

Check Also

Douwes Dekker, Belanda yang Cinta Indonesia, Anti-Belanda

KEPRIPOS.COM – Tahun 1947, setelah Agresi Militer Belanda I, ada perundingan awal untuk persiapan perundingan …

Leave a Reply