Home / Internasional / Daftar Negara Bagian AS yang Larang ‘Selfie’ di Bilik Suara

Daftar Negara Bagian AS yang Larang ‘Selfie’ di Bilik Suara

KEPRIPOS.COM (KPC), Jakarta — Warga Amerika Serikat nampaknya sedang menghadapi euforia menjelang hari pemilihan umum presiden yang akan diselenggarakan pada Selasa (8/11) waktu setempat. Tak jarang ekspresi semangat dan kemeriahan dalam menyongsong pemilu diabadikan oleh masyarakat AS dengan mengunggah foto mereka yang menunjukkan suasana pemilu, seperti ajakan pergi ke tempat pemilihan suara, dan bahkan melakukan swafoto di dalam bilik suara.

Namun bolehkah mengambil swafoto atau selfie di bilik suara sebagai simbol ajakan untuk menyukseskan pemilu nanti? Terdengar sebagai hal yang sepele, namun, siapa sangka beberapa negara bagian di AS memiliki aturan dan larangan yang berbeda terkait selfie di tempat pemilihan suara.

Ketidaktahuan mengenai aturan selfie di bilik suara menyebabkan beberapa warga AS terpaksa dikenai peringatan dan sanksi oleh petugas akibat berfoto di area tempat pengambilan suara (TPS) dan bilik suara.

Salah satu kasus menimpa aktor sekaligus musisi Hollywood, Justin Timberlake beberapa waktu lalu. Pria 35 tahun itu mengunggah foto selfie dirinya sedang berada di bilik suara dalam pengambilan suara awal di kampungan halamannya di Tennessee ke media sosial.

Timberlake menulis, “Get out and VOTE! #exerciseyoungrighttovote,” di akun media sosial Instagram miliknya. Namun, hukum di Tennessee melarang pemilih untuk mengambil foto maupun merekam video dan suara saat mereka sedang berada di bilik suara.

Melansir CNN, berikut daftar negara bagian di AS yang jelas melarang para pemilih untuk mengambil foto di TPS. Beberapa peringatan dan sanksi akan dikenakan bagi mereka yang kedapatan melanggar.

Alabama: dilarang mengambil gambar di TPS. Bagi setiap pelanggar akan diminta untuk berhenti.

Arizona: dilarang mengambil foto di dalam dan area sekitar TPS. Warga bisa mengambil foto surat suara yang telah dikirim otoritas melalui email.

California: swafoto bersama surat suara sejauh ini masih ilegal dan akan dilegalkan pada 2017 mendatang.

Colorado: mengambil gambar surat suara dan memberitahukan pilihan ke orang lain adalah ilegal. Sejauh ini ada dua kasus pelanggaran.

Florida: dilarang mengambil gambar di TPS secara langsung. Dapat mengambil gambar dengan surat suara yang telah di email petugas.

Georgia: dilarang mengambil gambar di wilayah TPS. Menteri luar negeri AS “melarang keras swafoto dengan surat suara.”

Illinois: mengambil gambar surat suara di TPS merupakan sebuah kejahatan. Dewan Pemilu akan memproses hukum setiap pelanggaran di tingkat kabupaten.

Iowa: walaupun tak ada peraturan jelas, pengambilan gambar di dalam TPS tidak diperbolehkan.

Maryland: dilarang membawa barang elektronik dalam bentuk apapun ke area TPS.

Michigan: belum ada kepastian hukum terkait swafoto tapi sejauh ini pemerintah tidak memperbolehkan membawa kamera ke TPS.

Nevada: dilarang mengambil gambar di TPS, yang dianggap memotret “perilaku pemilihan suara.”

North Carolina: satu-satunya cara untuk bisa mengambil gambar di TPS adalah dengan mendapatkan izin dari si pemilih dan ketua hakim pengadilan setempat.

Tennessee: walaupun belum ada hukum jelas, dilarang menggunakan telepon genggam di area TPS.

Texas: dilarang mengambil foto di dalam dan sekitar 30 meter dari TPS.

Virginia Barat: hukum daerah menyatakan, “tidak seorang pun diperbolehkan masuk ke bilik suara dengan membawa alat elektronik dan perekam untuk secara sengaja mengganggu proses pemilihan.”

Sejumlah negara bagian AS lainnya, seperti Alaska, Massachusetts, Minnesota, Mississippi, Missouri, New Jersey, New Mexico, New York, Carolina Selatan, Dakota Selatan, dan Wisconsin memiliki aturan yang dinilai cukup longgar, dengan memperbolehkan warga mengabadikan momen pemilu dan mengambil foto di area TPS. Namun, tetap saja, mengambil foto bersama surat suara serta membeberkan pilihan pada orang lain juga masih dilarang di negara bagian tersebut.

Sementara itu, Arkansas, Kentucky, New Hampshire, North Dakota, Ohio, Oklahoma, Virginia, Washington, tidak memiliki hukum spesifik yang mengatur boleh atau tidaknya mengambil gambar di area TPS.

Hanya negara bagian Lousiana yang memperbolehkan mengambil gambar dan swafoto di TPS bersama surat suara karena menganggap keputusan mempublikasikan pilihan merupakan hak dari maisng-masing pemilih.

(CNN INDONESIA.com)

Check Also

Warga Palestina Kembali Diserang Polisi Israel, 90 Orang Terluka, 1 Diantaranya Bayi

KEPRIPOS.COM – Bentrokan antara warga Palestina dan polisi Israel kembali terjadi pada Sabtu (8/5) malam …

Leave a Reply