Home / Berita / Dibuka 152.286 Kuota Formasi CPNS baru

Dibuka 152.286 Kuota Formasi CPNS baru

KEPRITERKINI.COM-Setelah sempat molor dari rencana semula, Kementerian PAN-RB mengumumkan lowongan calon pegawai negeri sipil (CPNS) baru 2019, Senin (28/10/2019). Total ada 152.286 kuota atau formasi CPNS baru. Namun, tidak ada satupun kursi untuk tenaga administrasi seperti juru tulis atau sejenisnya. Pendaftaran bakal dibuka 11 November mendatang. Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN), Bima Haria Wibisana, mengatakan, kuota 152.286 formasi terbagi untuk pusat dan daerah. Perinciannya instansi pusat mendapatkan jatah 37.425 formasi. Formasi ini tersebar di 68 instansi pusat. Kemudian kuota untuk instansi daerah sebanyak 114.861 formasi. Tersebar pada 462 unit instansi daerah.

Bima menjelaskan ada dua jenis formasi yang dibuka pada CPNS 2019.

Yaitu formasi umum dan formasi khusus. “Sama seperti tahun lalu,” jelasnya.

Formasi khusus meliputi cum laude, diaspora, dan disabilitas pada Instansi pusat dan daerah. Lalu ada juga formasi khusus untuk putra-putri Papua dan Papua Barat.

Kemudian formasi khusus lainnya yang bersifat strategis di sejumlah instansi pusat. Sementara itu jika dilihat dari bidang tugasnya, lowongan guru mendominasi. Kuota untuk guru mencapai 63.324 formasi. Sementara untuk tenaga kesehatan ada 31.756 formasi dan formasi teknis fungsional ada 23.660 formasi. Bima menegaskan, setiap pelamar hanya dapat melamar satu formasi di satu instansi saja.

Bima mengatakan, tahun ini juga ada ketentuan baru. Yakni bagi pelamar yang dinyatakan tidak memenuhi syarat (TMS) seleksi administrasi diberikan waktu sanggah maksimal tiga hari setelah pengumuman dikeluarkan. Kemudian bagi instansi diberikan waktu maksimal tujuh hari untuk menjawab sanggahan tersebut. Pelamar diharapkan menyiapkan dokumen-dokumen pendukung jika merasa keberatan karena tidak lolos seleksi administrasi.

Pengumuman rekrutmen CPNS 2019 telah diteken Menteri PAN RB melalui pengumuman nomor B/1069 /M.SM.01.00/2019 tentang Informasi Penerimaan CPNS Tahun 2019 di Lingkungan Pemerintah Pusat dan Daerah. Surat pengumuman itu keluar Senin (28/10).

Tahapan berikutnya adalah pendaftaran secara online dibuka pada 11 November depan. Bagi yang lolos seleksi administrasi, akan maju ke tahap seleksi kemampuan dasar (SKD). Rencananya SKD dilaksanakan Februari 2020. Kemudian tahapan berikutnya adalah seleksi kompetensi bidang (SKB) pada Maret 2020. Pendaftaran secara online dibuka di website https://sscasn.bkn.go.id. Sayangnya sampai tadi malam website tersebut belum bisa dibuka. Bima mengingatkan, dokumen yang perlu disiapkan diantaranya scan KTP asli, foto, swafoto, ijazah, dan transkrip nilai asli. Kemudian dokumen pendukung lainnya yang dipersyaratkan oleh instansi.

Bima juga meminta masyarakat waspada potensi penipuan bermodus rekrutmen CPNS baru. Dia menegaskan, rekrutmen gratis alias tidak dipungut biaya. Bima mengatakan, BKN sudah menyiapkan layanan informasi jika ada masyarakat yang menemu hambatan. Dia meminta masyarakat menggunakan sumber informasi resmi dari BKN, Kementerian PAN-RB, atau instansi masing-masing yang dituju. BKN berharap masing-masing instansi segera mengumumkan perincian formasi lowongan CPNS baru.

editor Roy

Check Also

BRKS Raih Penghargaan Bank Syariah Terbaik Kategori BPD

KEPRIPOS.COM, PEKANBARU – PT Bank Riau Kepri Syariah (BRKS) berhasil meraih penghargaan sebagai Bank Syariah …

Leave a Reply