Home / Berita / Dirgahayu RI, Ini 7 Film Perjuangan Bangsa yang Perlu Diketahui

Dirgahayu RI, Ini 7 Film Perjuangan Bangsa yang Perlu Diketahui

KEPRIPOS.COM – Kemerdekaan Indonesia merupakan buah dari perjuangan para tokoh kemerdekaan. Untuk mengenang jasa para pahlawan, pelajar khususnya bisa menonton 7 rekomendasi film hari kemerdekaan yang penuh perjuangan.

Tepat pada hari ini, 17 Agustus, sekitar pukul 10.00 di Jl Pegangsaan Timur Nomor 56 Jakarta, Soekarno didampingi Moh. Hatta dan para tokoh lain membacakan teks proklamasi. Pembacaan tersebut menandakan bahwa Indonesia telah merdeka dari penjajahan.

Bebasnya Indonesia dari belenggu penjajah tak lepas dari kegigihan para pahlawan bangsa. Untuk mengetahui gambaran perjuangan, berikut 7 rekomendasi film untuk hari kemerdekaan, dirangkum dari detikcom.

1. Merah Putih (2009)
Film Merah Putih merupakan bagian pertama dari “Trilogi Merdeka”. Film yang dirilis pada tahun 2009 ini merupakan salah satu film sejarah terbaik yang mengisahkan perjuangan Indonesia melawan kembalinya Belanda pasca kemerdekaan, yakni tahun 1947.

Merah Putih menggambarkan suasana perang yang membawa penonton seolah terlibat dalam perang tersebut. Film ini dibintangi oleh Lukman Sardi, Teuku Rifnu Wikana, Darius Sinathrya, hingga Donny Alamsyah.

Film yang disutradarai Yadi Sugandi ini memakan biaya produksi sebesar US$ 6 juta dollar. Dalam produksinya, film ini turut melibatkan ahli-ahli Hollywood. Maka tak heran jika film ini masuk dalam nominasi sebagai Musik Original Terbaik dalam ajang Piala Citra.

Sekuel selanjutnya dari Merah Putih yang berjudul ‘Darah Garuda’ dan ‘Hati Merdeka’ secara berturut-turut dirilis pada tahun 2010 dan 2011.

2. Darah Garuda (2010)
Darah Garuda merupakan sekuel lanjutan dari film Merah Putih. Film ini dirilis pada tahun 2010 dengan menghadirkan karakter yang sama dari serial sebelumnya.

Film Darah Garuda mengisahkan keempat sekawan yang harus berhadapan dengan kelompok gerilya lainnya. Dalam perjalanan tersebut, para pejuang sempat terkepung oleh musuh. Satu tujuan yang membara dalam semangat mereka, kemerdekaan.

3. Hati Merdeka (2011)
Film Hati Merdeka merupakan akhir dari Trilogi Kemerdekaan. Dalam serial ini, penonton akan diajak untuk menyaksikan loyalitas dari keempat sekawan yang tengah memperjuangkan kemerdekaan. Mereka diuji dengan mundurnya Amir (LukmanSardi), pimpinan mereka dari Angkatan Darat.

4. Soekarno: Indonesia Merdeka (2013)
Film Soekarno merupakan rekomendasi yang paling cocok ditonton setiap tanggal 17 Agustus. Film ini mengisahkan tentang presiden pertama Indonesia sejak kecil hingga ia memproklamirkan kemerdekaan Indonesia.

Film yang disutradarai oleh Hanung Bramantyo ini menyajikan kisah yang begitu detail. Film ini memenangkan penghargaan ASEAN International Film Festival and Awards (AIFFA Award) sebagai Skenario Terbaik. Ario Bayu yang berperan sebagai Soekarno serta Lukman Sardi sebagai Moh. Hatta juga masuk dalam nominasi Aktor Terbaik dan Aktor Pendukung Terbaik dalam ajang tersebut.

5. Battle of Surabaya (2015)
Battle of Surabaya merupakan film animasi yang mengisahkan perjuangan para pahlawan dalam meraih kemerdekaan Indonesia. Film ini cocok ditonton oleh para pelajar khususnya SD karena visualnya yang mendukung dan mudah dipahami anak-anak.

Film ini menggambarkan peristiwa besar di Surabaya, yakni pertempuran 10 November. Khususnya pada seorang tukang semir sepatu yang juga membantu perjuangan arek-arek Suroboyo dan TKR.

Film ini juga menjadi salah satu film Indonesia tersukses di ajang Internasional. Dikerjakan oleh animator-animator muda Indonesia, film ini juga dilirik oleh Walt Disney Pictures yang kemudian membantu distribusi ini secara global

Film garapan Aryanto Yuniawan ini menjadi salah satu film Indonesia tersukses di ajang Internasional. Dikerjakan oleh animator-animator muda Indonesia, film ini juga dilirik oleh Walt Disney Pictures yang kemudian membantu distribusi ini secara global.

6. Jenderal Soedirman (2015)
Jenderal Soedirman menjadi salah satu film yang menggambarkan perjuangan salah satu pahlawan secara detail. Film yang dibintangi Adipati Dolken ini membawa penonton melihat besarnya perjuangan sang Jenderal dalam memperjuangkan kemerdekaan di tengah sakit yang harus ia derita.

Jenderal Soedirman dikenal dengan misi gerilyanya. Dia dan pasukan berhasil membuat pasukan Belanda kewalahan. Hingga akhirnya di capailah penjanjian Roem-Royen. Hingga saat itu Belanda mulai mengakui kedaulatan bangsa Indonesia.

7. Guru Bangsa Tjokroaminoto (2015)
Rekomendasi film sejarah kemerdekaan selanjutnya adalah Guru Bangsa Tjokroaminoto. Bagi para pelajar tentu tidak asing dengan nama Tjokroaminoto. Beliau merupakan pemimpin organisasi massa pertama di Indonesia, Sarekat Islam.

Film garapan Garin Nugroho yang dibintangi oleh Reza Rahardian ini menggambarkan kisah HOS Tjokroaminoto yang harus melepas status bangsawannya demi bekerja sebagai kuli pelabuhan. Dia berjuang bersama rakyat kecil demi menyamakan hak dan martabat masyarakat Indonesia. (mg1)

Check Also

Ratusan Masih Dirawat, Tercatat 244 WNI Meninggal di Luar Negeri Akibat Covid-19

KEPRIPOS.COM – Kementerian Luar Negeri (Kemlu) RI mencatat 656 warga negara Indonesia (WNI) masih dirawat …