Home / Gaya Hidup / Frekuensi Konsumsi Tengah Malam, 7 Makanan Ini Sebabkan Sulit Tidur

Frekuensi Konsumsi Tengah Malam, 7 Makanan Ini Sebabkan Sulit Tidur

KEPRIPOS.COM – Makanan penyebab sulit tidur ini sebaiknya dihindari saat tengah malam. Tujuannya agar kamu bisa mendapat waktu tidur yang cukup di malam hari.

Beberapa orang yang mengalami kesulitan untuk tidur saat malam hari akan cenderung merasa lapar tengah malam. Hal ini memang secara wajar sangat mungkin untuk terjadi.

Lapar yang datang disaat malam, sebenarnya bisa saja disebabkan oleh beberapa faktor. Lapar yang memang datang akibat tubuh membutuhkan makanan atau rasa lapar secara emosional yang timbul dari kebosanan di tengah malam.

Makan makanan untuk mengatasi lapar di tengah malam tidak terhalang. Tetapi para ahli mengungkapkan beberapa makanan yang seharusnya dihindari karena dapat mengganggu kesehatan dan memperburuk kesulitan tidur di malam hari.

Berikut ini 7 makanan yang harus dihindari untuk dikonsumsi saat malam menurut Reader’s Digest (14/4), dikutip dari detikcom.

1. Kentang Goreng
Konsumsi makanan tinggi lemak di tengah malam akan memperparah kondisi sulit tidur. Makanan tinggi lemak akan membuat tubuh bekerja lebih kuat untuk mencerna makanan dan mengganggu otak untuk mengirimkan sinyal mengantuk.

“Jangan pernah makan makanan yang digoreng beberapa jam sebelum tidur. Kandungan lemak yang tinggi akan membuat tubuh fokus mencerna dan mungkin menyebabkan refluks asam,” kata Passerello selaku ahli gizi.

2. Teh
Minuman rendah kalori ini memang memiliki efek menenangkan. Sayangnya, pada jenis teh seperti teh hitam, hijau dan putih masih mengandung kafein yang dapat memperburuk kondisi sulit tidur.

Jika tetap ingin meminum permintaan untuk memilih teh herbal seperti kamomil dan jangan menambahkan gula atau pemanis tambahan yang dapat menyebabkan kavitas pada gigi. Tetapi perlu diketahui bahwa teh memiliki efek diuretik yang akan membangunkan tubuh untuk buang udara kecil di malam hari.

3. Popcorn
Jika kamu kesulitan tidur di malam hari dan memilih untuk menonton film sambil menunggu menunggu kantuk, sebaiknya tidak memilih popcorn sebagai camilan. Popcorn cenderung memiliki kandungan garam yang tinggi akan membuat kehausan di tengah malam.

“Sebelum tidur, aku tidak makan makanan yang asin karena itu akan membuatku kehausan di tengah malam,” kata Petitpain selaku juru bicara Academy of Nutrition and Dietetics.

4. Es Krim
Selain popcorn, beberapa orang mungkin juga akan memilih es krim untuk teman menonton film saat kesulitan tidur di malam hari. Hampir semua es krim yang mengandung lemak yang terlalu tinggi yang dapat menyesalkan pencernaan yang lebih kuat dan peningkatan refluks asam.

“Aku menghindari makanan-makanan yang mungkin akan aku makan berlebihan, jadi aku tidak tidur dalam keadaan perutku penuh dengan makanan,” kata Petitpain.

5. Keripik Kentang
Keripik kentang mungkin terdengar sebagai camilan ringan yang cocok untuk di tengah malam. Keripik kentang juga cocok untuk menemani berbagai situasi seperti menonton film atau bermain ponsel.

Sayangnya, keripik kentang memiliki 3 hal yang justru harus dihindari untuk dikonsumsi saat malam, yaitu minyak, lemak dan garam. Hal-hal tersebut akan menyebabkan seperti jantung terasa terbakar dan membagunkan tubuh untuk lebih banyak minum udara.

6. Cokelat Panas
Seperti susu hangat, cokelat panas mungkin juga terdengar cukup nyaman untuk diminum di malam hari. Tetapi cokelat panas dan hangat susu ini memiliki perbedaan efek karena kandungan antara.

Susu hangat memang dapat menenangkan saraf karena fungsinya memproduksi serotonin dan menenangkan tubuh. Sayangnya, banyak orang yang lupa bahwa cokelat masih memiliki kandungan kafein yang akan membuat tubuh tetap terjaga bahkan semakin sulit tidur.

7. Makanan Pedas
Bagi pencinta makanan pedas, makanan tanpa rasa pedas akan terasa hambar. Camilan di tengah malam juga akan menjadi lebih nikmat jika ditambahkan sosis yang pedas.

Sayangnya makan makanan pedas sebelum tidur akan menyebabkan GERD kronis yang semakin mengganggu di malam hari. Kemudian ketika berbaring setelah gejala GERD ini justru akan memperparah gejalanya dan semakin menyakitkan. (mg1)

Check Also

Minum Paracetamol Setelah Vaksin? Ini Kata IDI

KEPRIPOS.COM – Ketua Satgas Covid-19 Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (IDI), Zubairi Djoerban mengatakan boleh …