Home / Lifestyle / Hindari Jenis Makanan dan Buah Ini Disimpan di Kulkas

Hindari Jenis Makanan dan Buah Ini Disimpan di Kulkas

KEPRIPOS.COM (KPC), Jakarta — Tempat penyimpanan makanan khususnya sayuran dan buah-buahan adalah kulkas. Karena selain untuk mencegah pembusukan, kulkas juga sekaligus untuk mencegah perkembangbiakan bakteri.

Namun demkian, tidak semua sayuran dan buah-buahan boleh disimpan di dalam kulkas. Ada beberapa jenis makanan yang tidak boleh disimpan di dalam kulas, karena dapat mengalami penurunan mutu jika didinginkan.

Apa saja jenis bahan makanan yang tidak boleh disimpan dalam kulas? Berikut ini kami mengulas enam jenis bahan makanan yang sebaiknya tak disimpan dalam suhu dingin:

Bawang putih, bahan makanan ini sebaiknya tidak disimpan dalam suhu yang dingin. Bawang putih akan lebih baik disimpan di tempat terbuka. Karena bawang putih jika ditaruh ditempat terbuka mampu bertahan sampai enam bulan. Namun demikian, jika disimpan dalam suhu dingin justru membuatnya dehidrasi dan menyebabkan tumbuh tunas.

Selain bawang putih, yang tak boleh disimpan dalam kulkas yakni saus. Kita tak menyadari bahwa kita sering menyimpan saus di dalam kulkas. Padahal, saus sendiri sudah memiliki bahan pengawet alami, seperti halnya dia memiliki kandunga garam, gula dan juga cuka apel. Jika kita sudah tahu tentunya kita tak akan mengulangi kesalahan. Saus cukup disimpan di dalam rak dapur atau meja.

Kemudian yang tak boleh disimpan dalam kulkas yakni buah melon dan semangka. Sebab, buah tersebut paling enak dinikmati dalam berapa hari, sampai dua minggu setelah dipanen. Sebelum dikupas, sebaiknya cuci bersih kulit melon dan semangka. Simpan sisa potongan buah dalam plastik atau wadah di kulkas.

Bawang merah, seperti halnya bawang putih, bawah merah juga cukup disimpan di suhu ruangan dalam kondisi belum dikupas. Selanjutnya, hindari pula menyimpan kentang di kulkas. Hal itu untuk mencegah pati dipecah menjadi gula, yang akan menyebabkan warna dan rasa kentang berubah.

Tomat, kita bahkan sering menyimpan buah sayuran ini ditempat dingin dengan tujuan agar tetap segar. Namun, udara dingin bisa mengubah tekstur buah tomat karena kandungan air di dalamnya bertambah. Sebaiknya simpanlah tomat yang belum dipotong di tempat kering dan terhindar dari sinar matahari.

 

(aktual.com)

Check Also

Clinique Perkenalkan Foundation dengan Tiga Kandungan Serum

KEPRIPOS.COM-Foundation yang memiliki kemampuan menutup ketidaksempurnaan kulit pada umumnya akan membuat wajah agak kering. Beruntung …

Leave a Reply