Home / Berita / Hindari Mengecek Ponsel di Waktu-waktu Ini

Hindari Mengecek Ponsel di Waktu-waktu Ini

KEPRIPOS.COM (KPC) – Ponsel pintar tampaknya sudah semakin melekat dan selalu digunakan di keseharian, untuk mengecek media sosial, chatting, video call, hingga berbelanja. Sebuah penelitian melaporkan bahwa generasi milenial memeriksa ponsel mereka hingga 150 kali sehari.

Meski itu sudah menjadi kebiasaan, sebaiknya jangan memeriksa ponsel pada waktu-waktu tertentu karena bisa berdampak buruk bagi kesehatan, baik kesehatan fisik maupun kesehatan mental.

Seperti dilansir Times of India yang dikutip kepripos dari detikcom, inilah waktu-waktu tertentu yang harus dihindari untuk membuka ponsel:

Hampir semua orang mengecek ponsel mereka di pagi hari atau setelah bangun tidur. Ya, ini adalah perilaku yang buruk yang terjadi pada zaman sekarang.

Tristan Harris, mantan Perancang Etika Google, mengatakan bahwa melakukan hal itu dapat membajak rutinitas Anda. Di samping itu, sebuah penelitian yang berbasis di Inggris mengatakan bahwa ini bisa membuat Anda lebih cemas, lebih stres, dan kurang bahagia.

Penelitian mengatakan bahwa ponsel memicu kecemasan. Ini tentu bukanlah jenis emosi yang Anda inginkan sebelum bekerja atau menuju rapat penting.

Bahkan, seorang CEO asal Amerika Serikat bernama Deborah Sweeney, mengatakan bahwa mengecek ponsel sebelum bekerja dapat menghambat produktivitas seseorang.

Kerap kali, kita berada di puncak konsentrasi ketika melakukan tugas pekerjaan dan telepon kita berdering. Secara impulsif, kita dengan reflek mengintip, sehingga sering mengubah konsentrasi kita menjadi gangguan selama beberapa menit.

Hal ini benar-benar menghancurkan ‘zona’ di mana kita berada. Steve Wang, seorang pelatih karier, menyebutkan bahwa ini bisa membuang satu ritme bekerja secara menyeluruh.

Membaca adalah kegiatan rekreasi yang menenangkan serta menyenangkan. Tidak hanya, membaca juga mampu meningkatkan memori dan fungsi otak seseorang, serta melindungi diri terhadap penuaan.

Sekarang, ketika Anda menggabungkannya dengan melihat ponsel dan sambil membaca juga, Anda bisa merusak manfaat dari proses membaca tersebut. Stimulasi mental yang harus Anda dapatkan dari membaca tidak berlaku dan jelas tidak berfaedah, terlebih bagi kesehatan Anda.

Fakta menunjukkan bahwa cahaya layar dan tidur adalah musuh yang besar. Cahaya biru yang dipancarkan oleh layar ponsel Anda dapat mengganggu hormon tidur Anda atau melatonin dan dapat menyebabkan insomnia.

Sangat ideal untuk tidak menggunakan ponsel atau membuka ponsel setidaknya 30 menit sebelum tidur.

Hampir setiap orang terbangun di malam hari sekali atau dua kali. Sebagian besar dari kita di tengah-tengah gangguan tidur memeriksa ponsel untuk melihat-lihat informasi.

Ini merupakan kebiasaan yang benar-benar buruk dan dapat mendatangkan malapetaka pada tidur Anda. Seperti yang sudah dijelaskan di atas, cahaya biru dari layar ponsel dapat menghilangkan kantuk Anda dan membuat Anda terbangun. Alhasil membuat hari berikutnya jadi tidak produktif. (detikcom)

Check Also

Gubernur sebut Kepri jadi pintu masuk wisman terbesar ketiga nasional

Gubernur Kepulauan Riau (Kepri), Ansar Ahmad menyatakan Kepri menjadi pintu masuk kunjungan wisatawan mancanegara (Wisman) …

Leave a Reply