Home / Olahraga / Indonesia Kirim Pelatih Silat dan Bulutangkis ke Suriname

Indonesia Kirim Pelatih Silat dan Bulutangkis ke Suriname

KEPRIPOS.COM (KPC) – PEMERINTAH INDONESIA dan Pemerintah Suriname menjalin kerjasama bidang olahraga melalui Menpora Imam Nahrawi dan Menpora Suriname Faizal Abdul Ghafuer di Suriname, Senin (8/8) waktu setempat.

Sebagai awal kerjasama, Indonesia mengirimkan dua pelatih cabang olahraga bulutangkis dan pencak silat untuk berbagi ilmu kepada atlet Suriname.

Kerjasama ini diharapkan mempererat hubungan Indonesia dengan negara yang sebagian besar masyarakatnya merupakan keturunan Jawa itu.

“Ini adalah langkah awal menjalin hubungan yang lebih baik antara Indonesia dan suriname untuk menunjukkan prestasi olahraga,” kata Menpora yang didampingi Dubes RI untuk Suriname, Supratiko.

Menpora melakukan kunjungan kerja ke Suriname sebagai balasan atas kunjungan Menpora Suriname sebelumnya, Bambang Ismanto Adna ke Indonesia, beberapa waktu lalu.

Kunjungan ke Suriname dilakukan setelah Imam Nahrawi melakukan kunjungan kerja ke Brazil untuk memberikan dukungan kepada atlet-atlet yang tengah berlaga di Olimpiade Rio.

Dua pelatih Indonesia yang diserahkan Menpora ke pemerintah Suriname adalah Rimbi Sawitri (bulutangkis)  dan Muhammad Nasri (pencak silat).

Mereka akan melatih di Suriname selama tiga bulan. Selain bidang olahraga, Imam Nahrawi juga ingin mengembangkan kerjasama di bidang kepemudaan.

Menpora Suriname mengaku sangat senang dan menyambut kerjasama dengan Indonesia lewat olahraga. Ia mengaku kerjasama ini mendapat sambutan gembira dari asosiasi olahraga diantaranya bulutangkis.

“Kerjasama olahraga adalah salah satu prioritas kita. Kita yakin lewat kegiatan olahraga dapat menjadikan badan dan jiwa kuat serta menciptakan ketahanan bangsa dan negara,” ujar Faizal.

126 Tahun Kedatangan Nenek Moyang Indonesia

Pada Senin (8/8) malam waktu setempat, Menpora Imam Nahrawi juga berkesempatan menghadiri sekaligus mengucapkan selamat atas Perayaan 126 tahun nenek moyang asal Indonesia yang mendarat di Suriname.

Perayaan kedatangan nenek moyang dari Jawa ke Suriname ini dilakukan rutin setiap tahun setiap tanggal 9 Agustus.

Acara dihadiri Wakil Presiden Suriname Aswin Adhun, Menteri Pendidikan Ilmu Pengetahuan dan Kebudayaan, Robert Peneux dan Mendagri Suriname M Noorsalim yang mengucapkan selamat datang pada kunjungan Menpora RI.

Dalam sambutannya, Imam Nahrawi memberi apresiasi diselenggarakannya acara perayaan peringatan 126 tahun kedatangan masyarakat jawa di Suriname ini.

“Saya turut berdoa agar masyarakat jawa di Suriname dapat memberikan kesejahteraan gemah ripah lohjinawi,” tutur Imam.

 

(JPNN.com)

Check Also

Wuih! Sancho Saat Dibanding-bandingkan dengan Messi dan Lewandowski

KEPRIPOS – Jadon Sancho mengilap lagi di musim ini. Eks pemain Borussia Dortmund Jens Lehmann …

Leave a Reply