Home / Gaya Hidup / Ini 5 Tips Makan dan Minum Air Putih Agar Tak Gampang Haus Saat Puasa

Ini 5 Tips Makan dan Minum Air Putih Agar Tak Gampang Haus Saat Puasa

KEPRIPOS.COM – Selama menjalani puasa, banyak orang yang mengaku lebih sering haus telah lapar. Untuk meminimalisirnya lakukan tips ini saat sahur.

Selama bulan Ramadhan, rasa haus pasti datang terutama di siang hari sampai sore hari. Apalagi jika kamu mengalami cuaca panas yang tak menentu.

Seperti dikutip dari detikocm, ahli diet dari Timur Tengah, Riham Shamseddine menjelaskan kalau puasa lebih dari 12 jam tentunya akan membuat tubuh mengalami dehidrasi.

Riham memberikan beberapa tips mudah saat makan sahur. Tujuannya agar orang-orang bisa meminimalisir rasa ketika berpuasa.

1. Minum Air Putih Secara Berkala

Waktu kita terpotong untuk meminum udara dalam jumlah normal, Riham tetap menyarankan agar kita meminum udara putih secara berkala.

Tak perlu terburu-buru, yang penting tubuh rutin mendapatkan asupan udara putih. Kamu perlu membantunya dari waktu berbuka sampai waktu sahur, dan tentunya sebelum waktu imsak.

Menurut jurnal American Heart Associaton, rata-rata orang dewasa yang sehat butuh minum 2-3 liter udara putih setiap harinya.

2. Jangan Minum Air Bersamaan

Kebanyakan orang baru meminum air putih dalam jumlah banyak, jika waktu sudah menunjukkan jelang imsak. Padahal cara ini tidak baik untuk tubuh.

Kalimat meminum langsung banyak air putih dalam satu waktu karena akan membuat perut kembung. Efek lainnya tenggorokan terasa penuh sampai buang air kecil berkali-kali.

Efek hausnya juga lebih cepat kembali. Jadi sekali lagi, Riham menyarankan agar orang-orang meminum secara berkala dari buka puasa sampai sahur.

3. Perbanyak Buah dan Sayuran

Buah dan sayur selalu ada dalam pola makanan sehat. Mengonsumsi buah dan sayuran yang bernutrisi merupakan kunci untuk menjalankan ibadah puasa dengan tubuh yang fit dan segar.

Manfaat lainnya, buah dan sayuran ini bisa meminimalisir rasa haus saat berpuasa. Pilihlah sayuran dan buah yang mengandung banyak udara.

Seperti sayuran hijau, seledri, kol, timun, semangka, melon jeruk hingga pepaya. Selipkan menu-menu ini saat buka puasa dan sahur. Tubuhpun akan tetap terhidrasi dan tidak gampang lemas.

4. kalimat Makanan Pedas

Bagi penggemar makanan pedas, terutama yang tidak bisa lepas dari sambal, sebaiknya jangan dulu menyantap makanan pedas saat sahur. Karena efek sampingnya bisa masuk tenggorokannya.

Makanan yang pedas dan berempah cenderung menimbulkan efek samping seperti perut panas, diare hingga kembung.

Kemudian makanan-makanan ini juga membuat orang lebih cepat haus. Bisa juga siasati dengan menyantap buah seperti semangka, melon atau jeruk, setelah sahur dengan makanan pedas untuk menyegarkan pikiran.

5. Kurangi Kafein

Sama seperti makanan pedas, minuman berkafein seperti kopi atau teh memang sulit untuk dilepaskan. Namun efek kafein di dalam kopi dan teh justru bisa menimbulkan rasa berlebihan saat berpuasa.

Kafein sendiri mengandung sifat diuretik yang membuat seseorang lebih sering buang air kecil. Tentunya menguras cairan di dalam tubuh, yang akan membuat tubuh gampang menjadi lemas dan kehausan.

Untuk itu meminum air putih yang cukup selama bulan Ramadhan. Tak perlu langsung 2-3 liter, mulai biasakan dari rutinitas 8 gelas air putih, kemudian ditambahkan takarannya secara berkala. (mg1)

Check Also

Ini 5 Efek Samping Konsumsi Mayones Kebanyakan

KEPRIPOS.COM – Mayones kini kerap jadi pelengkap hidangan. Rasanya yang manis, gurih dan sedikit asam …