Home / Internasional / Ini Alasan Rusia Bombardir Idlib dan Homs

Ini Alasan Rusia Bombardir Idlib dan Homs

KEPRIPOS.COM (KPC), LIMA – Menteri Luar Negeri Rusia, Sergei Lavrov, membeberkan alasan mengapa pesawat tempur Moskow membombardir provinsi Idlib dan Homs di Suriah. Menurutnya hal itu dilakukan agar militan ISIS di Mosul tidak menyebrang ke wilayah Suriah.

“Penerbangan kami dan penerbangan Suriah di provinsi Idlib dan Homs hanya untuk mencegah ISIS menyebrang ke Suriah dari Mosul,” kata Lavrov memberikan penjelasan kepada koleganya Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS), John Kerry, di sela-sela pertemuan APEC di Lima, Peru, seperti dikutip dari Russia Today, Jumat (18/11/2016).

Dalam kesempatan itu, Lavrov juga menyinggung soal tuduhan AS jika jet Rusia berada di balik pemboman 5 rumah sakit di Aleppo dan Idlib. Ia menegaskan jika Kementerian Pertahanan Rusia berulang kali menyatakan jika jet Rusia tidak melakukan penerbangan di Aleppo selama 30 hari. Sedangkan target serangan di Idlib adalah pabrik senjata dan gudang milik teroris yang dipilih secara hati-hati.

Sementara itu, Kerry mengatakan pada pertemuan itu memberikan perhatian khusus terhadap situasi di Aleppo. Ia mengatakan bahwa ia akan membahas setiap aspek dari Aleppo dengan rekan Rusia-nya.

“Kami memiliki pembicaraan yang konstruktif, percakapan yang penting tentang sejumlah topik mulai dari Yaman ke Libya dan Suriah, serta kekhawatiran Ukraina dan bilateral. Jadi kami memiliki diskusi yang sangat luas,” kata Kerry kepada wartawan setelah pembicaraan.

(SINDOnews.com)

Check Also

Warga Palestina Kembali Diserang Polisi Israel, 90 Orang Terluka, 1 Diantaranya Bayi

KEPRIPOS.COM – Bentrokan antara warga Palestina dan polisi Israel kembali terjadi pada Sabtu (8/5) malam …

Leave a Reply