Home / Lifestyle / Kenali Parameter Performa Cahaya untuk Mengukur Kualitas Berlian

Kenali Parameter Performa Cahaya untuk Mengukur Kualitas Berlian

KEPRIPOS.COM-Melihat berlian, hal pertama yang diperhatikan oleh adalah pantulan cahaya. Semakin bagus performa cahayanya, maka semakin memikat berlian tersebut.

General Manager Miss Mondial Jeweler Ferdy Felano mengungkapkan, ada empat parameter untuk mengukur performa cahaya atau light performance berlian.

Empat parameter itu ditentukan oleh Sarine Technology yakni perusahaan yang mengembangkan, memproduksi, dan menjual teknologi untuk industri berlian.

“Parameternya ada brilliance, fire, sparkle, dan symetry,” kata Ferdy saat ditemui dalam acara peluncuran koleksi berlian terbaru MEC (Mondial Excellent Cut) Ultimate, Selasa (16/3/2021).

Brilliance mencakup cahaya intens berwarna putih mengkilap di permukaan berlian yang berhasil dipantulkan.

Sedangkan fire adalah pendaran spektrum warna yang terpancar dari dalam berlian ketika cahaya berhasil dipantulkan.

Saat cahaya dari berlian memantul, yang terlihat bukan hanya warna putih saja. Tapi biasanya ditemukan kilauan warna cerah (vivid) seperti biru, kuning, merah, ungu, dan lain sebagainya.

Parameter yang ketiga adalah sparkle yakni kerlipan yang terpantul dari berlian ketika ada gerakan. Cahaya ini merupakan perpaduan unsur briliance dan fire.

Terakhir ada light symetry, yaitu pengukuran distribusi cahaya yang berhasil dipantulkan kembali secara sempurna ke permukaan.

“Berlian yang sempurna memantulkan cahaya kembali ke atas, bukan membiaskan ke bawah atau ke samping,” tambah Ferdy.

Dia menerangkan, dari masing-masing parameter, berlian yang kelasnya paling tinggi memiliki kualitas exceptional.

Ferdy mengatakan, koleksi berlian terbaru dari Miss Mondelial memiliki kualitas exceptional di keempat parameter performa cahayanya sehingga disebut sebagai MEC Ultimate.

Di sisi lain, parameter yang digunakan untuk melihat performa cahaya menambahkan dimensi baru untuk penilaian berlian.

Parameter performa cahaya memberikan pandangan yang kaya, komprehensif, dan obyektif tentang keindahan visual berlian.

Kualitas berlian yang memiliki parameter penilaian dengan unsur performa cahaya dikatakan melampaui standar penilaian 4C triple excellent dari GIA

Selain itu, berlian ini juga tergolong langka. Menurut Ferdy, dari 100 butir berlian hanya ada 1 yang masuk kategori MEC Ultimate.

“Jadi kalau ada yang pesan tidak bisa langsung dapat, harus tunggu dulu,” katanya.

Dia mengungkapkan, berlian MEC Ultimate telah melalui serangkaian penilaian untuk melihat kualitasnya. Ada 49 parameter yang digunakan untuk menilai berlian tersebut.

“Kami tidak hanya melihat sertifikasi saja tapi juga menggunakan 49 parameter untuk pengecekan dan juga ada cek fisik,” jelas Ferdy.

Ada empat sertifikasi yang diberikan untuk berlian MEC Ultimate yakni sertifikat GIA, sertifikat inhouse MEC, serta sertifikat Light Performance Report dari Sarine Technology berbentuk fisik dan digital.

Koleksi

Ada enam koleksi berlian MEC Ultimate yakni Celina, Candis, Tivona, Vesta, Eliora, dan Gracie.

1. Celina

Set perhiasan ini terdiri dari cincin, liontin, dan earrings yang terinspirasi dari simpul berputar, melambangkan fleksibilitas, kekuatan, serta keindahan. Koleksi ini terbuat dari material emas putih (white gold) mulai dari 0,600 gram dan berlian MEC Ultimate dengan kisaran bervariatif antara 0.3-0.7 carat.

2. Candis

Bentuk perhiasan dari koleksi ini terinspirasi dari mahkota yang memiliki arti keabadian, kemuliaan, dan kemakmuran. Set perhiasan terdiri dari dua macam anting dengan bentuk stud dan dangling, cincin, serta liontin. Perhiasan memiliki rangka berbentuk mahkota yang menopang berlian MEC Ultimate. Perhiasan dengan berat emas putih mulai dari 0,470 gram dan berlian MEC Ultimate mulai dari 0,3 carat.

3. Tivona

Koleksi ini hadir dengan illusion setting pada bagian prongnya sehingga membuat perhiasan tampak lebih besar dari ukuran aslinya. Penempatan area tambahan di sekitar girdle batu berlian memberikan pantulan cahaya ekstra. Di dalamnya terdapat berlian solitaire MEC Ultimate mulai dari 0,3 carat dan emas putih 18K mulai dari 0,91 gram.

4. Vesta

Terinspirasi dari huruf M dari kata Mondial, bagian dudukan cangkang set perhiasan ini hadir dalam bentuk cincin emas putih, stud, dangle earrings, dan liontin. Koleksi perhiasan ini terdiri dari berlian MEC Ultimate mulai dari 0.3-0.7 carat.

5. Eliora

Koleksi perhiasan ini hadir dengan bentuk halo dan beberapa berlian ukurannya lebih kecil. Selain itu, ada sedikit sentuhan modern pada berlian solitarire MEC Ultimate di bagian tengahnya. Set perhiasan ini terdiri dari stud dan dangling earrings, liontin, serta ladies ring.

6. Gracie

Koleksi set perhiasan ini hadir dengan sentuhan Rose Gold dan illusion setting pada berlian utamanya sehingga terlihat anggun. Ada pula beberapa berlian yang lebih kecil pada bagian rangkanya. Koleksi ini terdiri dari ladies ring dan liontin. (kompas.com)

Check Also

Pola Pikir Positif Ibu Menghasilkan Anak yang Tangguh

KEPRIPOS.COM-Otak anak membutuhkan banyak hal untuk tumbuh dan berkembang dengan cara yang sehat. Selain nutrisi, …

Leave a Reply