Home / Kesehatan / Makanlah Brokoli Saat Sarapan Agar Berat Badan Cepat Turun

Makanlah Brokoli Saat Sarapan Agar Berat Badan Cepat Turun

KEPRIPOS.COMSelain baik untuk kesehatan kulit dan rambut, brokoli juga bisa bantu turunkan berat badan. Mulailah dari sarapan mengonsumsi sayuran hijau ini.

Menurunkan berat badan perlu disiplin dan cermat mengatur pola makan. Termasuk juga memilih bahan makanan yang bisa membantu proses penurunan berat badan. Brokoli merupakan salah satu sayuran hijau yang dianjurkan untuk dikonsumsi saat menurunkan berat badan.

Brokoli atau Brassicaceae merupakan keluarga kubis, berwarna hijau gelap dengan kuntuk-kuntum bergerombol rapat. Rasanya renyah, sedikit pahit dan sering dijadikan aneka masakan. Brokoli dikenal sebagai sayuran yang mengandung antibakteri dan menambah sisitem kekebalan tubuh. Kaya akan vitamin C dan antioksidan yang sangat baik untuk kesehatan kulit dan rambut.

Selain itu brokoli juga sangat baik dikonsumsi untuk menurunkan berat badan. Berikut ini beberapa kelebihan brokoli seperti dirangkum dari berbagai sumber.

1. Kaya serat

Brokoli dikenal sebagai salah satu jenis sayuran yang kaya akan serat. Serat sangat membantu dalam proses pencernaan sehingga kamu tak cepat merasa lapar.

Serat perlu dikonsumsi cukup saat menurunkan berat badan. Dalam 100 g brokoli mengandung 2.6 gram serat. Serat ini juga bisa membantu mengendalikan gula darah dengan memperlambat metabolisme gula.

2. Rendah Kalori

Dalam 100 gram brokoli hanya mengandung 34 kalori. Satu mangkuk brokoli rebus mengandung 60 kalori saja. Kecuali rendah kalori brokoli juga kaya akan vitamin C dan K. Dalam 100 gram brokoli mengandung 89.2 mg vitamin C dan 101.6 UG.

3. Kaya kandungan air

Brokoli merupakan salah satu sayuran yang 90% nya berupa air. Karenanya bersama dengan kandungan serat, brokoli akan cepat memberi rasa kenyang sehingga kamu tak akan menambah porsi atau asupan makan lagi.

4. Kaya akan nutrisi

Brokoli juga mengandung nutrisi yang membantu penurunan berat badan. Seperti kandungan kalsium yang bisa mengurangi produksi sel lemak baru yang merangsang penguraian persediaan lemak.

Selain kalsiun brokoli juga mengandung zat besi, mangan, magnesium, potassium, selenium, zinc hingga sodium. Aroma tajam brokoli disebabkan olah kandungan mineralnya yang sangat kaya.

5. Olahan brokoli yang menyehatkan

Selain direbus, brokoli bisa dikukus atau ditumis. Brokoli bisa dicampurkan dalam omelet, orak-arik telur atau campuran salad dan sup. Sebaiknya blansir atau kukus brokoli sebentar sebelum dicampurkan dalam menu sarapan.

Jika suka, brokoli juga enak dibuat jus dengan paduan jeruk lemon atau sayuran lain seperti wortel. Untuk jus sebaiknya gunakan brokoli segar/mentah yang sudah dicuci bersih. (kpc/detik)

Check Also

Tampil Cantik Ala Wanita Korea, Ini Skincare yang Harus Kamu Punya

KEPRIPOS.COM – Setiap orang pasti tahu paras cantik wanita Korea, mereka menggunakan segalanya untuk tampil …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *