Home / Seputar Kepri / Mantan Presiden Habibie Katakan Seharusnya Batam Pusat Industri Dirgantara

Mantan Presiden Habibie Katakan Seharusnya Batam Pusat Industri Dirgantara

BATAM – Mantan Presiden Habibie mengatakan, Kota Batam seharusnya menjadi pusat industri dirgantara, khususnya produksi pesawat terbang untuk kebutuhan transportasi yang menghubungkan seluruh wilayah di Indonesia.

Menurut Habibie di Batam, Senin, saat pertama kali ke Batam memiliki rencana besar yaitu menjadikan wilayah tersebut sebagai pusat industri dirgantara.

“Saat ke sini (Batam) saya berbicara empat mata dengan bapak Lee Kuan Yew dan saya menyampaikan kepada untuk menjadikan Batam sebagai pusat industri dirgantara,” katanya.

Presiden ketiga RI itu mengatakan untuk memproduksi pesawat terbang Indonesia dapat bekerjasama dengan Singapura atau Malaysia.

“Kita sudah buktikan kita mampu membuatnya (memproduksi pesawat terbang) saya mau pindahkan kemari (Batam) dan itu semuanya high-tech,” paparnya.

Kata Habibie, 40 persen bahan baku pembuat pesawat terbang diproduksi Boeing dan 60 persennya diproduksi oleh supllier.

“Tetapi vendor company itu harus datang sedekat mungkin di tempat yang nyaman, didukung prasarana, sistem dan peraturan yang baik serta transparan,” ujarnya.

Habibie mengatakan, Indonesia tidak mungkin mendirikan industri kereta api dari Sabang hingga Marauke, karena 70 persen wilayah NKRI merupakan lautan.

“Kita juga tidak bisa hanya memproduksi kapal laut karena hanya sampai pantai, jalan satu-satunya adalah dengan membuat pesawat terbang,” paparnya.

Indonesia, lanjutnya, tidak dapat mengimpor pesawat terbang dalam jumlah besar karena akan memakan biaya yang cukup tinggi.

“Karena tidak bisa dibayar dengan rupiah, kita harus membayar dengan valuta yang dia (produsen pesawat terbang) kehendaki,” tuturnya.

Sementara itu Kepala BP Batam Edy Putra Irawady mengatakan, Kota Batam harus kembali ke cita-cita awal yaitu menjadi kawasan industri dan teknologi. Sehingga kata Edy, Kota Batam bisa setara dengan Dubai, Uni Emirat Arab.

“Nanti beliau akan membangun pabrik pesawat di sini (Batam), jadi pak Habibie berencana akan membangun ‘high-tech’, nilai tambah dan SDM,” katanya.

Edy mengatakan pihaknya akan membahas lebih lanjut rencana pembangunan pabrik pembuatan pesawat terbang di Kota Batam dengan Presiden ketiga RI, BJ Habibie.***/Antara

Check Also

Bupati Karimun Dapat Penghargaan Manggala Karya Kencana

KARIMUN – Bupati Karimun Aunur didampingi Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Karimun, Raja Azmah Aunur …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *