Home / Lifestyle / Menurut Penelitian, Orang Cerdas Cenderung Suka Menyendiri

Menurut Penelitian, Orang Cerdas Cenderung Suka Menyendiri

KepriPos.com – Pernah ada yang bilang bahwa kamu adalah orang yang pendiam, suka menyendiri dan nggak mau bergaul sama orang lain? Ya, karena memang kenyataannya kamu cukup sulit untuk bergaul dan ngobrol atau berhubungan sama orang lain. Kalau seperti ini, kamu nggak perlu khawatir atau galau lah ya. Karena apa? Sebuah studi yang dilakukan oleh sejumlah psikolog evolusioner dari Singapura dan London menemukan bahwa mereka yang cenderung suka menyendiri sebenarnya adalah orang yang cerdas dan memiliki IQ di atas rata-rata.

Para peneliti menemukan bahwa orang-orang yang cerdas merasa kesulitan untuk berinteraksi sosial dan sekedar basa-basi dengan orang-orang di sekitarnya. Berdasarkan study yang melibatkan lebih dari 15 ribu sampel dimana sampel ini memiliki rentang usia 18 sampai 28 tahun, ditemukan bahwa semakin dekat seseorang dengan teman dan saudara akan membuat mereka bahagia. Tapi, hal ini rupanya tidak berlaku bagi orang-orang cerdas dengan IQ di atas rata-rata.

Orang-orang yang memiliki IQ di atas rata-rata justru merasa tertekan saat ia berkumpul dan bersosialisasi bersama orang-orang di sekitarnya. Orang-orang cerdas ini juga mengaku bahwa mereka kesulitan untuk bersosialisasi serta bercengkerama bersama teman-temannya. Satosi Kanazawa dari London School of Economics and Political Science dan Norman Li dari Singapore Management University menyebutkan jika orang-orang dengan IQ rata-rata atau rendah terbukti merasa bahagia saat ia bertemu dan bersosialisasi dengan orang banyak.

Sementara itu, orang-orang yang IQnya di atas rata-rata terbukti lebih suka menyendiri dan tak tertarik bersosialisasi dengan banyak orang. Apalagi, jika sosialisasi ini tidak membuatnya merasa diuntungkan. Kanazawa mengatakan, “Orang yang cerdas dan IQnya tinggi cenderung lebih suka menyendiri. Ia nyaman dengan kehidupannya dan nyaman dengan hidupnya. Mereka justru akan merasa tertekan dan tidak bahagia saat ia berkumpul bersama orang banyak.”

Meski cenderung suka menyendiri dan nggak suka bersosialisasi, bukan berarti orang-orang ini tidak akan menemukan kesuksesan dan bukan seorang yang spesial lho ya? Tahun 2013, sebuah penelitian yang dilakukan oleh Richard Depue dari Cornell University menunjukkan bahwa mereka yang suka menyendiri justru lebih mudah mencapai kesuksesan. Hal ini terjadi karena mereka bisa fokus dengan dirinya dan dengan apa yang ia ingin capai secara lebih baik. Mereka yang suka menyendiri ini juga merupakan seorang yang cerdas dan memiliki banyak ide cemerlang.

Mereka yang suka menyendiri juga berpikir lebih matang dan tidak ceroboh apalagi mudah terpengaruh orang lain.(vemale)

Check Also

Clinique Perkenalkan Foundation dengan Tiga Kandungan Serum

KEPRIPOS.COM-Foundation yang memiliki kemampuan menutup ketidaksempurnaan kulit pada umumnya akan membuat wajah agak kering. Beruntung …

Leave a Reply