Home / Gaya Hidup / Minum Teh Hijau Campur Madu, Ini 7 Manfaatnya

Minum Teh Hijau Campur Madu, Ini 7 Manfaatnya

KEPRIPOS.COM – Teh memiliki kandungan antioksidan yang sangat kuat dan bermanfaat. Ditambah dengan madu, kedua kombinasi ini begitu berkhasiat.

Teh hijau dikenal sebagai salah satu jenis teh dengan kandungan antioksidan yang tinggi dan berbagai manfaat kesehatan yang dimilikinya. Selain manfaat kesehatan, teh hijau juga banyak dikenal untuk khasiatnya yang mampu membantu menurunkan berat badan.

Selain teh, ada pula madu yang merupakan bahan pemanis alami yang dikatakan memiliki seribu manfaat. Madu juga seringkali digunakan dalam berbagai metode pengobatan dan dipercaya ampuh untuk mengatasi beberapa gejala penyakit.

Jika salah satunya saja sudah memiliki manfaat kesehatan yang begitu kuat apalagi jika keduanya digabungkan. Kombinasi antara teh hijau dan madu ini dikatakan akan sangat dahsyat hasilnya untuk kesehatan.

Berikut ini 7 manfaat dari campuran teh hijau dan madu menurut Healthline (6/4).

1. Meningkatkan Fungsi Otak
Bukan hanya menjaga ketajaman daya ingat, teh hijau juga memiliki manfaat untuk meningkatkan dan menjaga fungsi otak. Manfaat tersebut didapatkan dari kandungan kafein teh hijau yang bekerja sebagai stimulan.

Teh hijau tidak memiliki kandungan kafein sebanyak yang terkandung dalam kopi. Namun kandungan ini cukup untuk meningkatkan neuron dan konsentrasi neurotransmitter seperti pada dopamin dan norepinephrine.

2. Meningkatkan Pembakaran Lemak
Jika sedang melakukan program diet atau penurunan berat badan, konsumsi teh hijau dan madu dikatakan dapat membantu membakar lemak melalui peningkatan produksi energi. Teh hijau dan madu terbukti dapat meningkatkan metabolisme tubuh yang juga membakar lemak dalam tubuh.

Pada sebuah penelitian yang melibatkan 10 pria sehat, konsumsi ekstrak teh hijau terbukti dapat membakar 4% kalori dalam tubuh. Namun pada beberapa penelitian lainnya, teh hijau dan madu tidak ditemukan memiliki pengaruh yang sama. Kondisi masing-masing tubuh dikatakan cukup berpengaruh dengan khasiatnya.

3. Mengurangi Risiko Kanker
Kanker disebabkan oleh pertumbuhan sel-sel yang tidak terkendali dan diproduksi berlebihan dalam tubuh. Para peneliti juga mengatakan bahwa kerusakan oksidatif juga menjadi salah satu dari inflamasi kronis yang merujuk pada kanker.

Teh hijau dan madu terbukti memiliki kandungan antioksidan yang begitu kuat. Bahkan para peneliti telah mengaitkan konsumsi kombinasi ini pada penurunan risiko kanker payudara, kanker prostat hingga kanker kolorektal.

4. Mengatasi Nafas Tidak Sedap
Teh hijau memiliki katekin yang lebih tinggi dibandingkan sebagian besar jenis teh lainnya. Sebuah penelitian membuktikan bahwa katekin dapat menekan pertumbuhan bakteri terutama pada rongga mulut.

Bau nafas dan mulut yang tidak sedap ini sangat dipengaruhi oleh jumlah bakteri yang ada pada mulut. Konsumsi teh hijau dapat mengalahkan bakteri yang ada pada rongga mulut untuk mengatasi nafas tidak sedap.

5. Mencegah Diabetes Tipe 2
Diabetes tipe 2 semakin hari semakin banyak penyintasnya. Pada diabetes tipe 2, tubuh mengalami peningkatan kadar gula darah yang berujung pada resistensi insulin dan ketidakmampuan tubuh untuk memproduksi insulin.

Sebuah penelitian telah berhasil membuktikan manfaat teh hijau dalam meningkatkan sensitivitas insulin dan mengurangi kadar gula darah. Bahkan penelitian yang dilakukan di Jepang menemukan bahwa kombinasi ini terbukti dapat menurunkan 42% risiko diabetes tipe 2.

6. Mencegah Penyakit Kardiovaskular
Gangguan atau penyakit yang timbul pada kardiovaskular, salah satunya termasuk penyakit jantung dan stroke adalah hal yang sangat berbahaya. Penyakit ini bahkan dinobatkan sebagai penyebab mayoritas kematian di seluruh dunia.

Peneliti menunjukkan bahwa teh hijau dan madu dapat menurunkan faktor utama dari penyebab penyakit ini yaitu lonjakan kolesterol buruk. Bahkan kandungan antioksidan yang ada di dalamnya juga dapat melindungi darah dari penumpukan kolesterol buruk yang berasal dari lonjakan kolesterol tersebut.

7. Memperpanjang Umur
Kombinasi teh hijau dan madu memiliki kandungan yang dapat mencegah kanker dan penyakit jantung. Ini menjadi alasan utama mengapa teh hijau dan madu dipercaya dapat memperpanjang umur.

Pada sebuah penelitian yang melibatkan lebih dari 40 ribu partisipan dilakukan selama 11 tahun untuk melihat hasilnya. Setelah 11 tahun, hasilnya menunjukkan bahwa partisipan yang minum teh hijau lebih dari 5 cangkir per hari dikatakan secara signifikan dapat mengurangi risiko kematian. (mg1)

Check Also

Ini 4 Efek Samping Konsumsi Garam Berlebihan

KEPRIPOS.COM – Tanpa garam, makanan memang akan terasa hambar. Tetapi ada efek samping pada kesehatan …