Home / Internasional / Pasukan Irak Masuki Mosul untuk Pertama Kalinya

Pasukan Irak Masuki Mosul untuk Pertama Kalinya

KEPRIPOS.COM (KPC), BAGHDAD – Pasukan Irak telah memasuki Mosul untuk pertama kalinya sejak 2014. Ini adalah tonggak sejarak dalam upaya untuk merebut kembali kota itu yang akan menjanjikan pertempuran kota yang sengit pekan depan.

Baghdad mengatakan pasukan elit Irak telah menerobos pinggiran timur kota dan menciptakan basis di lingkungan Jdeidet al-Mufti setelah bertempur selama dua minggu. Unit pasukan khusus juga telah memasuki lingkungan Gogjali dalam batas kota dan mengambil alih gedung televisi pemerintah setempat.

Baca juga:
Pasukan Khusus Irak Bersiap Masuki Mosul

“Ini adalah pertanda baik bagi warga Mosul karena pertempuran untuk membebaskan Mosul secara efektif telah dimulai,” kata Letjen Talib Shaghati seperti dikutip dari The Guardian, Rabu (2/11/2016).

Sementara itu seorang warga yang identitasnya tidak ingin diketahui mengatakan bahwa serangan mortir telah menghantam wilayah sipil. “Karena intensitas pertempuran, kami belum bisa makan apa-apa, karena terlalu berbahaya untuk pergi dan mengambil makanan. Dunia tengah hancur disekitar kami,” katanya.

Ia mengungkapkan bahwa masih ada sekitar 40 ribu warga sipil di lingkunganya. Ia juga mengungkapkan ada sekitar 300 anggota ISIS di jalan-jalan sekitar lingkungannya.

Pertempuran merebut Mosul akan menjadi ujian terberat untuk pasukan Irak. Bersama tentara Kurdi Peshmerga, pejuang suku Sunni, dan milisi Syiah, mereka memblokir jalur potensial milisi ISIS untuk mundur ke padang gurun timur Suriah. Koalisi ini didukung oleh kekuatan udara Amerika Serikat (AS) dan penasehat militernya di lapangan.

(SINDOnews.com)

Check Also

Warga Palestina Kembali Diserang Polisi Israel, 90 Orang Terluka, 1 Diantaranya Bayi

KEPRIPOS.COM – Bentrokan antara warga Palestina dan polisi Israel kembali terjadi pada Sabtu (8/5) malam …

Leave a Reply