Home / Olahraga / Penentuan Slot Tim Peserta IBL 2017 Akan Lewat Bidding

Penentuan Slot Tim Peserta IBL 2017 Akan Lewat Bidding

KEPRIPOS.COM (KPC), Jakarta — Penentuan slot kosong di kompetisi Liga Basket Indonesia (IBL) 2017 bakal ditentukan lewat proses bidding. Tim yang terpilih nantinya adalah klub yang berani menyetor Rp300 juta kepada operator liga.

Direktur Utama IBL, Hasan Gozali, menjelaskan nilai Rp300 juta itu sebenarnya adalah wacana. Tapi, lanjutnya, jumlah itu masih bisa berkurang tergantung negosiasi dari tiga klub yang tersisa dari total 12 klub basket papan atas Indonesia.

Diakui Hasan, ada perbedaan nominal yang harus disetor sembilan klub yang sudah memastikan bergabung dalam kompetisi IBL 2017 dengan tiga klub yang masih dalam penjajakan itu.

“Ya, ada perbedaan karena yang sembilan ini kan duluan. Jadi diberikan eksklusivitas,” kata Hasan dalam perbincangan lewat sambungan telepon dengan CNNIndonesia.com, Selasa (15/11).

“Yang jelas lebih kecil nilainya [dibandingkan tiga tim lagi],” sebutnya ketika ditanya jumlah yang dibayarkan sembilan tim peserta.

Hasan menjelaskan dana Rp300 juta yang disetor ke operator liga itu nantinya akan digunakan untuk menjalankan kompetisi IBL 2017. Namun, lanjutnya, jumlah tersebut masih bisa berubah karena masih akan dibicarakan bersama tiga klub tersisa, Rabu (16/11).

Sembilan klub yang sudah dipastikan ambil bagian dalam IBL 2017 adalah Satria Muda Pertamina Jakarta, EMP Pelita Jaya Jakarta, Garuda Bandung, CLS Knight Surabaya, Bandung Utama, Hangtuah Sumsel, Pacific Caesar Surabaya, Satya Wacana Salatiga, dan Bima Sakti Niko Steel Malang.

Sedangkan tiga tim yang masih dalam proses penjajakan dengan manajemen IBL adalah M88 Aspac Jakarta, Stadium Happy 8 Jakarta, dan NSH Jakarta.

Aturan untuk Pemain Impor

Selain itu, Hasan pun mengungkapkan bahwa IBL 2017 akan menggunakan pemain impor. Namun, alokasi pemain impor itu akan diatur pihaknya.

“Pemain impornya liga yang atur semua, biar fair (harga pemain). Jadi bukan dari klub,” ujar Hasan.

Artinya, jelas Hasan, mekanisme penentuan pemain asing di tiap-tiap klub peserta dilakukan oleh liga. Adapun mekanismenya, Hasan menjelaskan bahwa liga akan meminta empat agen yang masing-masing memberikan 20-30 nama pemain untuk dipilih klub peserta.

Jika agen sudah mengumpulkan nama-nama pemain, liga akan melempar nama-nama pemain impor tersebut ke klub peserta. Selanjutnya masing-masing klub diizinkan menggunakan dua pemain impor.

“Silakan mereka pilih. Jadi nanti pemain-pemain itu diberi batasan gajinya US$3 ribu,” kata Hasan.

Selain itu, kata Hasan, liga juga membuka kesempatan bagi tim untuk menukar pemain sebelum IBL 2017 memasuki babak play-off.

(CNN INDONESIA.com)

Check Also

Wuih! Sancho Saat Dibanding-bandingkan dengan Messi dan Lewandowski

KEPRIPOS – Jadon Sancho mengilap lagi di musim ini. Eks pemain Borussia Dortmund Jens Lehmann …

Leave a Reply