Home / Seputar Kepri / Penyaluran Dana Bantuan untuk PraKerja mulai Bergulir

Penyaluran Dana Bantuan untuk PraKerja mulai Bergulir

KEPRIPOS.COM-Penyaluran dana bantuan untuk para pengangguran yang sedang mencari kerja (prakerja) mulai bergulir. Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Batam masih menunggu kuota untuk kota Batam pada 2020. Saat ini, baru tata cara pendaftaran calon penerima “gaji” dari pemerintah untuk prakerja itu yang sudah beredar.

“Memang sudah ada beredar cara mendaftar prakerja. Namun, resminya belum ada kami terima,” ujar Rudi Sakyakirti, kepala Disnaker Kota Batam, Kamis (28/11) di Sekupang. Berdasarkan informasi yang beredar, pendaftaran prakerja dilakukan masing-masing pencari kerja (pencaker) melalui website resmi Kementerian Tenaga Kerja (Kemenaker) di www.kemnaker.go.id.

“Nanti mereka (Kemenaker) yang akan langsung menyeleksi pencaker yang layak dapat bantuan. Jadi, tidak semua yang daftar bisa diterima. Ada seleksinya,” ungkapnya. Setelah itu, jika pelamar atau prakerja lolos seleksi, maka akan diberikan pilihan untuk memilih lembaga pelatihan vokasi melalui website atau aplikasi. Selanjutnya mereka akan mengikuti pelatihan sesuai dengan pilihan mereka dengan biaya Rp 3 juta sampai Rp 7 juta. “Tidak itu saja, setelah pelatihan mereka akan mengikuti uji kompetensi dan ini juga disubsidi pemerintah Rp 90 ribu,” sebutnya.

Rudi juga mengungkapkan, untuk Batam sendiri, saat ini mengalami kekurangan tenaga kerja yang memiliki keahlian di bidang galangan kapal hingga industri minyak dan gas (migas). Beberapa waktu lalu, pihaknya sudah menyampaikan hal ini kepada Kemenaker. “Ya, kalau bisa dapat pelatihan sesuai dengan kebutuhan. Jadi mereka usai ikut pelatihan langsung bisa mendapatkan tempat di perusahaan. Karena besarnya angka kebutuhan seperti welder dan lainnya,” terangnya. Namun, untuk menggelar pelatihan tersebut membutuhkan biaya minimal Rp 13-15 juta. Sedangkan bantuan yang diterima mereka maksimal hanya Rp 7 juta.

“Lihat nanti saya. Seperti apa pelaksanaannya. Kami juga masih menunggu kuota prakerja dari pusat. Tahun ini ada kurang lebih dua juta targetnya termasuk Batam. Mudah- mudahan bisa dapat banyak,” ungkapnya.

Editor Roy

Check Also

Kali Ini Asal NTB, Polda Kepri Kembali Bekuk Bos Penyelundup PMI ke Malaysia

KEPRIPOS.COM – Polisi kembali menangkap satu pelaku pengiriman PMI ke Malaysia berinisial M alias Ong. …

Leave a Reply