Home / Teknologi / Segera Hapus! 8 Aplikasi Berbahaya Ini Bisa Akibatkan HP Terinfeksi Virus Joker

Segera Hapus! 8 Aplikasi Berbahaya Ini Bisa Akibatkan HP Terinfeksi Virus Joker

KEPRIPOS.COM – Kepolisian Belgia merilis daftar 8 aplikasi berbahaya. Sangat disarankan untuk segera menghapusnya, atau bila tidak handphone kamu bisa terinfeksi virus Joker.

Aplikasi Android sering menjadi sasaran pelaku kejahatan untuk menginfeksi handphone (HP) pengguna, ngerinya lagi aksi tersebut dilakukan tanpa menimbulkan kecurigaan. Joker menjadi salah satu virus yang beberapa waktu lalu sering dipakai karena mampu mengelabui pemeriksaan keamanan Play Store.

Kedelapan aplikasi yang disebut Kepolisian Belgia pertama kali diungkapkan oleh badan keamanan siber Quick Heal, seperti dikutip dari detikcom. Aplikasi tersebut saat ini dihapus oleh Google dari Play Store.

Tetapi banyak pengguna yang mungkin masih menginstall di HP mereka. Padahal aplikasi tersebut sungguh-sungguh berbahaya dan harus dihapus dari HP tidak mungkin.

Daftar Aplikasi Berbahaya untuk Segera Dihapus
Auxiliary Message
Element Scanner
Fast Magic SMS
Free CamScanner
Go Messages
Super Message
Super SMS
Travel Wallpapers

Virus Joker diketahui mencuri informasi dari perangkat korban melalui pesan SMS, daftar kontak, dan info perangkat. Karena ini adalah Trojan, ia diam-diam berinteraksi dengan situs web iklan dan juga membuat berlangganan layanan premium tanpa sepengetahuan mereka. Layanan berlangganan ini mulai mengambil uang dari rekening bank korban.

Menurut laporan Quick Heal, aplikasi yang disusupi Joker akan meminta akses notifikasi. Tujuannya agar Joker bisa mendapatkan notifikasi data.

Aplikasi kemudian mengambil data SMS dari notifikasi, dan meminta akses Kontak. Ketika akses diberikan, aplikasi membuat dan mengelola izin panggilan telepon.

Setelah itu, Joker akan terus bekerja tanpa menunjukkan aktivitas berbahaya yang terlihat kepada pengguna. Karena itu Google menganggap menganggap Joker salah satu virus yang paling menyusahkan.

Pada awal 2020, perusahaan yang dipimpin Sundar Pichai sampai menerbitkan posting blog yang menyebut Joker sebagai salah satu ancaman paling gigih dan canggih yang pernah ditangani dalam beberapa tahun terakhir.

Sejak tahun 2017, Google telah menghapus 1.700 aplikasi yang terinfeksi virus Joker dari Play Store. Tapi keberadaannya jauh lebih luas, karena aplikasi yang terinfeksi Joker juga ditemukan di toko aplikasi Android selain Play Store. (mg1)

Check Also

Mulai 1 November 2021, WhatsApp Tak Bisa Lagi Dipakai di HP Ini

KEPRIPOS.COM – WhatsApp akan mengulirkan banyak fitur baru pada aplikasinya dalam beberapa bulan ke depan. …