Home / Berita / Sekitar 1,7 Juta Kartu Indonesia Pintar Belum Sampai ke Siswa

Sekitar 1,7 Juta Kartu Indonesia Pintar Belum Sampai ke Siswa

KEPRIPOS.COM (KPC), Jakarta — Direktur Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Hammid Muhammad memperkirakan 1,7 juta dari total 17,4 juta Kartu Indonesia Pintar (KIP) belum sampai ke tangan siswa.

Hammid menyatakan pengiriman 1,7 juta KIP yang belum sampai ke tangan siswa itu terkendala di tingkat kecamatan atau kelurahan. Dia menuturkan pihak distributor yang sedianya mengirimkan langsung kepada siswa atau Rumah Tangga Sasaran, malah mengirimkannya ke kelurahan atau desa.

“Dari 17,4 juta KIP yang nyangkut di kelurahan dan desa itu diperkirakan sekitar 10-20 persen. Kami minta distributor untuk kirim langsung ke rumah, tapi sejumlah kecamatan mintanya pengiriman KIP melalui mereka,” ujar Hammid dalam jumpa pers di Jakarta, Selasa (16/8).

Hammid mengatakan kementerian meminta distributor untuk terus menghubungi setiap kelurahan dan kecamatan agar segera mengirimkan KIP kepada siswa di masing-masing wilayahnya. Namun, kata dia, beberapa kecamatan beralasan belum terdaftarnya siswa serta keamanan daerah, menjadi alasan KIP belum didistribusikan secara optimal.

Berdasarkan data kementerian pada 2016, kata Hammid, terdapat 17,9 juta sasaran penerima KIP. Mereka masing-masing adalah sekolah dasar (10,3 juta penerima); SMP (4,3 juta penerima); SMA (1,3 juta penerima); dan SMK (1,8 juta penerima).

Pencetakan KIP, kata Hammid, berlangsung sejak 17 Maret hingga pertengahan Juni lalu. Pengiriman KIP tahap pertama sudah berlangsung sejak April hingga Juli. Pengiriman Tahap kedua dan ketiga sudah berlangsung sejak Mei hingga akhir Agustus mendatang.

“Pengiriman tahap pertama sudah clear semua, tahap kedua dan ketiga sebagian masih dalam proses pengiriman dan masih divalidasi ulang oleh kami. Jumat ini harus terkonfirmasi,” kata Hammid.

KIP merupakan implementasi dari Program Indonesia Pintar (PIP) yang menjadi program prioritas pemerintah dalam bidang pendidikan. Hammid menyatakan dari total 17,9 target sasaran penerima KIP, sekitar 510 ribu KIP masih dalam proses pengiriman tahap tiga.

(CNN INDONESIA.com)

Check Also

Kasus Aktif Corona RI Turun 65,81 Persen dari Puncak Lonjakan Kasus

KEPRIPOS.COM – Ketua Bidang Data Dan Teknologi Informasi Satgas Penanganan Covid-19, Dewi Nur Aisyah, menyebut …

Leave a Reply