Home / Politik / Ahok Prediksi PDIP Belum Akan Deklarasi Dukungan Pilkada

Ahok Prediksi PDIP Belum Akan Deklarasi Dukungan Pilkada

KEPRIPOS.COM (KPC), Jakarta — Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) memperkirakan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan belum akan mendeklarasikan pasangan calon yang akan diusungnya pada Pilkada DKI Jakarta dalam waktu dekat. Berkaca pada Pilkada DKI Jakarta 2012, Ahok yang saat itu bersama Joko Widodo diusung PDI Perjuangan, dideklarasikan pada hari-hari terakhir sebelum pendaftaran.

“Saya kira PDI Perjuangan enggak deklarasi begitu cepat,” kata Ahok di Balai Kota, Jakarta, Senin (15/8)

Ahok sudah dipastikan bakal diusung oleh Golkar, Hanura dan NasDem. Sementara PDI Perjuangan belum menentukan sikap. Partai berlambang banteng ini baru mengumumkan adanya koalisi besar bersama beberapa partai yang lain.

Namun meski begitu, opsi untuk kembali mengusung Ahok, bersama wakilnya saat ini, Djarot Syaiful Hidayat, masih jadi yang pertama.

Ahok meski belum yakin bakal kembali disokong PDI Perjuangan, menyatakan hubungannya dengan partai tersebut baik-baik saja. Tak cuma hubungan, keduanya juga punya visi dan misi yang sama.

Soal kesamaan visi misi, Ahok bahkan membawa-bawa nama Presiden Jokowi, kader PDI Perjuangan yang pernah jadi atasannya di DKI Jakarta. “Ikut Pak Jokowi, Pak Jokowi PDI Perjuangan,” ujarnya.

Ditanya perihal calon wakil yang akan mendampinginya dalam Pilkada 2017, Ahok enggan bicara banyak. Sampai Oktober 2017, Ahok menyebut wakilnya adalah Djarot. “Lu pengin gue selingkuh?” katanya sedikit bercanda.

Sebagai partai pemilik suara terbanyak di DPRD DKI Jakarta (28 kursi) PDI Perjuangan berhak mengusung pasangan calon sendiri. Sejumlah nama digadang-gadang bakal diusung PDI Perjuangan. Beberapa hari lalu nama Tri Rismaharini mengemuka.

Wali Kota Surabaya tersebut dinilai lembaga survei, elektabillitasnya paling bisa mendekati Ahok.

Namun alih-alih mengumumkan dukungan, PDI Perjuangan malah membentuk koalisi bersama Gerindra, Demokrat, PAN, PPP, PKB, dan PKS. Salah satu anggota koalisi, Gerindra, sebelumnya sudah mengusung Sandiaga Uno. Nama pengusaha itu disebut-sebut bakal dipasangkan dengan calon gubernur dari PDI Perjuangan.

 

(cnn indonesia.com)

Check Also

YouTube Klaim Sudah Blokir 83 Juta Video dan 7 Miliar Komentar

YouTube mengklaim sudah menghapus 83 juta video dan 7 miliar komentar dalam platformnya selama ini. …

Leave a Reply