Home / Lifestyle / Bahaya Bersihkan Hidung dengan Jari

Bahaya Bersihkan Hidung dengan Jari

KEPRIPOS.COM (KPC) – Hampir semua orang membersihkan hidung dengan cara mengoreknya dengan jari. Tapi, kebiasaan ini sebenarnya sangat tidak baik dan bisa berbahaya.

Menurut Dr Erich Voigt, seperti dilansir The Sun, mengorek hidung dapat mengundang kuman kotor seperti kuman Staphylococcus aureus yang hidup di bagian depan hidung Anda.

Bagi Voigt, menggaruk terlalu kencang juga dapat menyebabkan abrasi dan pendarahan yang terjadi dapat mengangkat kuman-kuman. Mengupil juga dapat menambah banyak kerak dan iritasi.

Voigt mengatakan, anak-anak dikenal suka mengupil dan membuat hidung mereka berdarah. Aliran darah ke bagian depan hidung sangatlah kuat, karena ada lima arteri yang mengarah ke bagian depan hidung.

“Ketika terjadi abrasi maka akan terjadi pendarahan yang sangat hebat, sehingga hal ini dapat menimbulkan mimisan yang banyak terjadi pada anak-anak,” imbuh Voigt.

Terlebih jika tangan Anda kotor ketika mengupil, maka Anda akan memasukkan lebih banyak lagi bakteri kotor ke dalam tubuh.

 

(VIVA.co.id)

Check Also

Clinique Perkenalkan Foundation dengan Tiga Kandungan Serum

KEPRIPOS.COM-Foundation yang memiliki kemampuan menutup ketidaksempurnaan kulit pada umumnya akan membuat wajah agak kering. Beruntung …

Leave a Reply