Home / Berita / Beprestasi Tingkat Nasional, Disbudpar Berdayakan Kelompok Sadar Wisata Pulau Penyengat

Beprestasi Tingkat Nasional, Disbudpar Berdayakan Kelompok Sadar Wisata Pulau Penyengat

KEPRIPOS.COM (KPC), TANJUNGPINANG – Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Tanjungpinang Reni Yusneli memberi apresiasi kepada Kelompok Sadar Wisata Pulau Penyengat karena berhasil memperoleh juara 5 tingkat nasional.

Dia berharap prestasi yang diperoleh baru-baru ini mendorong mereka lebih kreatif dan inovatif dalam mengelola potensi kepariwisataan di pulau bersejarah tersebut. “Ini prestasi yang geminang, karena pesertanya lebih dari seribu kelompok,” katanya..

Reni mengemukakan dinas yang dipimpinnya akan terus mengembangkan sektor kepariwisataan di Pulau Penyengat yang mampu menarik perhatian wisatawan. Kelompok Sadar Wisata Pulau Penyengat akan mendapat bantuan dan pembinaan dalam mengembangkan sektor kepariwisataan.

Baru-baru ini Dinas kebudayaan dan Pariwisata Tanjungpinang memberi bantuan berupa enam unit sepeda, yang dapat dikelola oleh Kelompok Sadar Wisata. Sepeda tersebut disewakan kepada wisatawan untuk mengunjungi sejumlah tempat bersejarah di Pulau Penyengat.

Untuk satu sepeda disewakan sebesar Rp 5.000. Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Tanjungpinang akan menambah enam unit sepeda pada Selasa (3/10). “Pemberdayaan Kelompok Sadar Wisata dapat menambah penghasilan warga,” katanya.

Selain itu, menurut dia pengembangan sektor kepariwisataan juga dengan mewujudkan warga Pulau Penyengat yang santun, dan mengenakan pakaian Melayu. Wanita di Pulau Penyengat mengenakan baju kurung, sedangkan pria mengenakan tanjak.

Pulau Penyengat lokasinya berseberangan dengan Kota Tanjungpinang, dapat ditempuh sekitar 15 menit dengan kapal pompong dari pelabuhan rakyat. (*)

Check Also

Gempa Kuat 5,3 M Guncang Sulteng Siang Ini

KEPRIPOS.COM – Gempa dengan kekuatan 5,3 magnitudo mengguncang Sulawesi Tengah (Sulteng) siang ini, Senin 8 …

Leave a Reply