Home / Lifestyle / Bertentangan dengan Orangtua dalam Hal Pola Asuh? Coba Solusi Ini!
ilustrasi
ilustrasi

Bertentangan dengan Orangtua dalam Hal Pola Asuh? Coba Solusi Ini!

KEPRIPOS.COM (KPC) – Masalah orangtua saat ini dalam mengasuh anak kerap bertentangan dengan gaya pola asuh orangtua mereka saat dulu. Namun, di sisi lain keterlibatan nenek-kakek harus terjadi lantaran orangtua bekerja.

Beberapa aturan yang sudah ditetapkan kepada anak bisa kecolongan karena tidak ada koordinasi atau memang bertentangan dengan kakek nenek di rumah.

Pengalaman yang pernah dialami Ui Birowo ini membuatnya belajar bagaimana menghadapi situasi seperti itu. Ia menerapkan sistem kerja sama dengan orangtua dan juga mertuanya dalam aturan mengasuh anak yang sesuai dengan tujuannya.

“Memang sulit ya ketika kita sebagai orangtua sudah mendidik anak dan membiasakan ikut aturan, misalnya tidur siang atau makan di meja makan, tetapi ketika tidak ada di tangan orangtuanya atau di lingkungan yang bukan rumahnya mereka lolos dari aturan tersebut,” ungkap Ui yang juga pendiri Tiga Generasi, kelompok peduli anak dan parenting ini dalam suah acara di kawasan Jakarta Selatan, belum lama ini.

Oleh sebab itu, ia selalu berusaha membuka komunikasi dan diskusi dengan orangtuanya atau pengasuh anak dan menjelaskan tujuan aturan yang ia buat. Di samping itu istri Indra Birowo ini menanamkan kepada anak-anaknya untuk tetap mengikuti aturan yang disepakati dengan orangtua meski tidak diawasi.

“Jadi bersama-samalah dengan orangtua membicarakan tujuan dan alasan. Apalagi di Indonesia kita terbiasa dengan kondisi multiparenting. Walau anak dititipkan dengan orangtua (nenek/kakek) jangan jadi grandparenting tetapi tetap ayah dan ibu orangtuanya,” terangnya.(**)

Check Also

Clinique Perkenalkan Foundation dengan Tiga Kandungan Serum

KEPRIPOS.COM-Foundation yang memiliki kemampuan menutup ketidaksempurnaan kulit pada umumnya akan membuat wajah agak kering. Beruntung …

Leave a Reply