Home / Ekbis / BRI Pangkas Suku Bunga Kredit Menjadi 9,75 Persen

BRI Pangkas Suku Bunga Kredit Menjadi 9,75 Persen

KepriPos.com – Bank Rakyat Indonesia telah menurunkan suku bunga kredit menjadi 9,75 persen dari sebelumnya rata-rata sebesar 12,75 persen per tahun. Suku bunga untuk Usaha Kecil dan Menengah (UKM) itu berlaku sejak 1 Mei 2016, khusus untuk debitur baru non existing.

Demikian diungkapkan Sekretaris Perusahaan BRI Hari Siaga Amijarso melalui keterangan pers, Senin (25/4).

Sejumlah faktor mempengaruhi penurunan suku bunga kredit tersebut. Diantaranya, komitmen perbankan pelat merah untuk menurunkan suku bunga, aturan pembatasan (capping) bunga deposito bank oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Dan reformulasi kebijakan penetapan suku bunga yang dilakukan oleh Bank Indonesia (BI).

“Selain itu, faktor ekonomi makro yang semakin kondusif serta spirit menuju single digit policy juga memberikan pengaruh yang cukup besar terhadap penurunan suku bunga tersebut.”

Hingga akhir tahun lalu, total realisasi kredit BRI di sektor UKM mencapai Rp 134,7 triliun. Sementara itu, triwulan I tahun ini, penyaluran kredit ke sektor ini tumbuh di kisaran 4,0 sampai 6,0 persen.

Dengan penurunan suku bunga kredit, perseroan optimistis target pertumbuhan kredit di sektor usaha UKM yang sebesar 10 persen sampai 13 persen dapat tercapai.(merdeka)

Check Also

Permudah Jasa Layanan Perbankan, Bank Riau Kepri dan Pemkab Rohil MoU

KEPRIPOS.COM – PT. Bank Riau Kepri jalin kerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) dalam …

Leave a Reply