Home / Berita / Diduga Dicatut, 26 ASN Tanjungpinang Terdaftar Anggota Parpol

Diduga Dicatut, 26 ASN Tanjungpinang Terdaftar Anggota Parpol

KERPIPOS.COM (KPC), TANJUNGPINANG – KPU Tanjungpinang melakukan verifikasi virtual untuk memastikan data Sistem Informasi Partai Politik (Sipol) yang mendeteksi sebanyak 26 orang warga Kota Tanjungpinang berstatus Aparatur Sipil Negara (ASN) terdaftar sebagai anggota partai.

“Di KTP tercatat sebagai ASN. Kami sejak sehari yang lalu hingga Jumat pekan ini akan melakukan verifikasi virtual untuk memastikannya,” ujar Ketua KPU Tanjungpinang Robby Patria, di Tanjungpinang, Selasa (07/11/2017).

Robby menduga nama ASN tersebut dicatut oleh pengurus partai. Kemungkinan lain juga dapat terjadi di luar sepengetahuan ASN tersebut.

Selain 26 ASN itu, sipol juga mendeteksi nama seorang anggota TNI masuk sebagai anggota partai. Kemungkinan nama anggota TNI itu dicatut. “Kami juga menemukan guru yang menjadi anggota partai,” jelas Robby.

Dia mengemukakan, sipol juga mencatat nama seorang warga yang terdaftar di sejumlah partai. Satu nama yang terdaftar di beberapa partai kemungkinan disebabkan orang tersebut sudah pindah partai, namun masih tercatat sebagai anggota partai sebelumnya.

“Ada 14 partai yang masuk dalam lingkaran permasalahan ini. Bahkan ada satu orang yang terdaftar ganda dalam satu partai,” ujarnya.

Ia menjelaskan berdasarkan data sipol, sebanyak 238 nama anggota partai, tidak sah. Tim KPU Tanjungpinang sejak kemarin sudah mendatangi kediaman sejumlah orang tersebut.

Sebagai contoh, tim mendatangi kediaman salah seorang warga di Jalan Kota Piring, yang terdaftar sebagai anggota sejumlah partai. Orang yang dicari, tidak ditemukan. Namun istrinya mengatakan bahwa suaminya sudah pindah partai, tidak menjadi pengurus partai yang lama.

“Satu per satu kami datangi. Kalau tidak ketemu, kami minta pengurus partai membawanya ke KPU Tanjungpinang. Kami butuh keterangan atas temuan itu,” katanya. (*)

Check Also

Gempa Kuat 5,3 M Guncang Sulteng Siang Ini

KEPRIPOS.COM – Gempa dengan kekuatan 5,3 magnitudo mengguncang Sulawesi Tengah (Sulteng) siang ini, Senin 8 …

Leave a Reply