Home / Berita / BMKG Pasang Alat Pengukur Gelombang Laut di Pelabuhan Batu Ampar

BMKG Pasang Alat Pengukur Gelombang Laut di Pelabuhan Batu Ampar

KEPRIPOS.COM (KPC), BATAM – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kelas I Hang Nadim Batam, Kepulauan Riau memasang Automatic Weather Station (AWS) atau alat pemantau cuaca otomatis di Pelabuhan Batu Ampar.

“Alat ini dilengkapi sensor yang mengarah ke laut untuk mengukur tinggi gelombang, pasang surut dan kecepatan arus laut,” kata Kepala Seksi Data dan Informasi (Kasi Datin) BMKG, Suratman di Batam, Selasa (07/11/2017).

Suratman mengatakan AWS dipasang di pelabuhan Batu Ampar karena menjadi salah satu feeder atau pengumpan tol laut sesuai Program Nawacita Presiden Joko Widodo. Diharapkan dapat mendukung keamanan transportasi laut di Batam.

Ia menjelaskan alat tersebut baru dipasang pada November ini. “Untuk nilainya saya kurang tahu, karena ini program BMKG pusat,” kata dia.

Pelabuhan Batu Ampar digunakan untuk aktivitas bongkar muat terbesar dari tiga fasilitas pelabuhan bongkar muat di Batam yaitu Kabil dan Sekupang.

Pelabuhan ini berada di Selat Malaka dan kerap dilintasi kapal dari Asia Timur, Eropa dan Afrika. Pelabuhan Batu Ampar memiliki kapasitas menampunmg peti kemas hingga 600.000 TEU’s. (*)

Check Also

Ketika Investasi Tak Sesuai Ekspektasi

KEPRIPOS.COM – Menggenjot investasi merupakan upaya paling gencar ditempuh oleh Pemerintah. Terutama di bawah kepemimpinan …

Leave a Reply