Home / Ekbis / Donald Trump Hentikan AS Ikut Kesepakatan TPP

Donald Trump Hentikan AS Ikut Kesepakatan TPP

KEPRIPOS.COM (KPC), WASHINGTON – Presiden Amerika Serikat (AS) yang baru terpilih, Donald Trump mengatakan akan menarik mundur AS dari kesepakatan perdagangan Trans Pacific Partnership (TPP) pada hari pertamanya di Gedung Putih.

Seperti dikutip dari BBC, Selasa (22/11/2016), dia membuat pengumuman tersebut melalui pesan video dalam menguraikan apa yang dia lakukan pada hari pertamanya menjadi Presiden AS pada Januari 2017. Kesepakatan perdagangan TPP ditandatangani oleh 12 negara yang bersama-sama mencakup 40% dari ekonomi dunia.

Partai Republik juga berjanji untuk mengurangi sejumlah kebijakan pemerintah AS sebelumnya yakni menghilangkan hambatan produksi batu bara dan menghentikan pelanggaran visa.

Namun, tidak menyebutkan untuk membatalkan Obamacare atau membangun tembok di perbatasan selatan dengan Meksiko, dua tindakan yang dikatakan saat dia kampanye akan segera dilakukan setelah mengambil kekuasaan.

TPP disepakati pada 2015 oleh negara-negara termasuk Jepang, Malaysia, Australia, Selandia Baru, Kanada dan Meksiko, namun belum diratifikasi. Tujuannya adalah untuk memperdalam hubungan ekonomi dan mendorong pertumbuhan tetapi lawan-lawannya mengatakan itu dinegosiasikan secara rahasia dan dinikmati perusahaan-perusahaan besar.

“Tidak mengejutkan, tetapi kebijakan perdagangan nya (Trump) akan merusak keuntungan TPP akan membawa bagi AS,” kata Parag Khanna, Centre di Asia dan Globalisasi.

“Kabar yang sangat menyedihkan. Ini berarti akhir dari kepemimpinan AS pada perdagangan dan berlalunya tongkat ke Asia,” ujar Deborah Elms, Asian Trade Center.

Para pemimpin Asia-Pasifik bertemu di Peru akhir pekan lalu mengatakan mereka akan terus mengejar transaksi perdagangan bebas. Namun, kemarin Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe mengatakan, kesepakatan perdagangan TPP tidak akan berarti tanpa keterlibatan AS.

(SINDOnews.com)

Check Also

Nikmati Kemudahan Transaksi dengan KPE Bank Riau Kepri

KEPRIPOS.COM – Tabungan Sinar KPE Kartu PNS Elektronik merupakan salah satu produk inovasi dari Bank …

Leave a Reply