Home / Berita / Dua Mobil Italia Bersihkan Landasan Pacu Bandara Hang Nadim

Dua Mobil Italia Bersihkan Landasan Pacu Bandara Hang Nadim

KEPIRPOS.COM (KPC), BATAM – Dua unit mobil pembersih landasan pacu dan tempat parkir pesawat didatangkan manajemen Bandara Internasional Hang Nadim Batam dari Italia. Dua mobil itu merek Dulevo seri 6000 Evolution Maxi sebagai satu langkah meningkatkan kebersihan bandara.

“Dengan bertambahnya sweeper ini akan mempermudah kami menjaga kebersihan runway dan apron Bandara Hang Nadim,” kata General Manager Operasional Badan Usaha Bandar Udara Hang Nadim Batam, Suwarso, akhir pekan kemarin.

Kendaraan sweeper merk Dulevo yang hanya membutuhkan 15 liter bahan bakar minyak untuk beroperasi satu jam tersebut adalah keluaran terbaru dengan penyedia PT Starindo Cleaning Teechnologies.

Dua kendaraan tersebut tiba di Hang Nadim Batam sejak 13 September 2017 dan menjalani sejumlah ujicoba di kawasan bandara.

Pada uji coba yang sudah dilakukan, segala kotoran seperti batu, pasir, daun, rumput, bekas minuman bisa disedot dengan daya tampung mencapai enam ton.

“Dulevo memiliki bodi lebih kecil dibandingkan kendaraan sejenis. Jadi memungkinkan beroperasi di tempat-tempat yang sempit,” kata dia.

Kedatangan dua kendaraan tersebut, kata Suwarso, melengkapi dua mobil sweeper tipe 5000 yang sudah dioperasikan sejak 2016. Sebelumnya Badan Usaha Bandar Udara Hang Nadim mengoperasikan dua mobil pembersih/penyapu merk Mitsubishi.

Pada awal September 2017, Manajemen Bandara Hang Nadim Batam juga mendatangkan dua tambahan kendaraan Pemadam Kebakaran Foam Tender tipe 1 buatan Jerman.

Penambahan dua unit kendaraan canggih tersebut dimaksudkan untuk memenuhi standar pelayanan keselamatam penerbangan di Bandara Hang Nadim.

Sebagai bandara kelas utama, kategori tingkat operasional Penanggulangan Kecelakaan Penerbangan dan Pemadam Kebakaran (PKP-PK) Bandara Hang Nadim adalah tingkat IX, yang merupakan tingkat tertinggi dalam pelayanan sebuah bandara. (*)

Check Also

Ibu Kota Kepri Dilanda Langka BBM

KEPRIPOS.COM-Ibu Kota Provinsi Kepri, Tanjungpinang dilanda krisis berbagai jenis Bahan Bakar Minyak (BBM). Legislator DPRD …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *