Home / Berita / Gandeng Komunitas Mural, Pemko Batam Hias Dinding untuk Percantik Kota

Gandeng Komunitas Mural, Pemko Batam Hias Dinding untuk Percantik Kota

KEPRIPOS.COM (KPC), BATAM – Pemerintah Kota Batam menggandeng komunitas mural untuk menghias dinding guna mempercantik kota tujuan pariwisata terbesar ketiga di Indonesia itu.

Kepala Dinas Perumahan Rakyat, Permukiman, dan Pertamanan Kota Batam, Herman Rozie menyatakan ada tiga dinding yang akan dihias dengan teknik mural di Kecamatan Batam Kota.

“Titik awal dari Perumahan Rosedale ke Bundaran Tuah Madani, itu ada tiga titik. Pagar Rosedale, depan Raflesia dan di depan perumahan Seruni,” kata dia, Senin (18/12).

Pembuatan mural dengan total luas sekitar 400 meter persegi itu dibiayai dana tanggung jawab sosial perusahaan PT PGN yang bekerja sama dengan Pemko Batam.

Menurut dia, komunitas mural antusias menyalurkan hobinya demi mempercantik kota.

“Kami tunjuk lokasinya. Desain yang akan mereka gambar ditunjukkan dulu untuk disetujui. Komunitasnya langsung ketemu perusahaan,” kata dia.

Komunitas sudah memulai mengerjakan mural pada Minggu (17/12) malam.

Herman menyatakan, pemerintah tidak menetapkan batas waktu pekerjaan, karena bukan proyek, melainkan sumbangsih warga terhadap penataan kota.

Menurut dia, seni mural berkembang pesat di Batam, dalam dua tahun terakhir.

“Sesuai arahan Walikota, ini juga sebagai sarana menyalurkan kreativitas anak muda di Kota Batam. Mereka boleh berkreasi, tapi kita batasi dengan kriteria tertentu,” ujarnya.

Pemerintah membatasi mural yang dilukis tidak boleh memuat unsur suku, agama, ras, dan antargolongan (SARA) yang dapat menimbulkan perpecahan. Mural juga harus sejalan dengan visi misi Kota Batam. (*)

Check Also

696 WNI Masih Dirawat di Luar Negeri Akibat Covid-19

KEPRIPOS.COM – Kementerian Luar Negeri (Kemlu) RI mencatat 696 warga negara Indonesia (WNI) dan juga …

Leave a Reply