Home / Berita / Gelar Apel Pasukan, Kapolda Kepri Ajak Masyarakat Peduli Bencana

Gelar Apel Pasukan, Kapolda Kepri Ajak Masyarakat Peduli Bencana

KEPRIPOS.COM (KPC), BATAM – Polda Kepri menggelar Apel Pasukan Aman Nusa II 2017 dalam rangka menghadapi kontijensi bencana di Lapangan Mapolda Kepri, Batam, Senin (30/10/2017).
 
Pada kesempatan itu Kapolda Kepri Irjend Sam Budigusdian bertindak sebagai inspektur. Sam menyampaikan tujuan apel gelar pasukan untuk mengecek kesiapan baik personel maupun perlengkapan serta menghimpun semua kekuatan yang ada untuk ikut serta berpartisipasi dalam usaha penaggulangan bencana baik mencegah maupun  pemulihan pasca bencana alam yang tidak dapat dihindari.
 
Dalam amanatnya, Sam meminta kepada seluruh stakeholder dan masyarakat yang terlibat dalam penanggulangan bencana serta beradaptasi dari dampak yang ditimbulkan.
 
“Apabila tidak mampu melawan ataupun menghindari, maka kita dituntut untuk mengurangi, mengalihkan atau menerima risiko yang akan ditimbulkan,” kata Sam.
 
Hal lain lanjut Sam adalah kemampuan untuk pulih secara cepat setelah terjadi bencana. Baik dari seluruh personil yang terlibat maupun masyarakat.
 
Serta meningkatkan kapasitas sumberdaya manusia melalui pendidikan dan pelatihan gabungan penanggulangan bencana, kualitas data, informasi, dan pelaporan kejadian bencana melalui optimalisasi pemanfaatan posko dan peralatan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK).
 
“Berikan kemudahan bagi keterlibatan swasta dan masyarakat dalam mendukung penyelenggaraan penanggulangan bencana,” jelas dia.
 
Sam juga mengatakan, usaha tersebut akan sia-sia tanpa adanya peran langsung dari masyarakat. Untuk itu kata Sam, edukasi tentang penaggulangan bencana kepada masyarakat sangat dibutuhkan secara langsung.
 
“Sehingga dapat menciptakan masyarakat yang tangguh dalam menghadapi bencana, masyarakat yang tangguh menghadapi bencana,” tutur dia.
 
Dengan begitu kata Sam, masyarakat memiliki kemampuan untuk mengantisipasi setiap ancaman atau bahaya yang akan terjadi.
 
“Oleh karena itu kita dituntut untuk mampu melakukan prediksi, analisis, identifikasi dan kajian terhadap risiko bencana,” jelas Sam. (*)

Check Also

Gempa Kuat 5,3 M Guncang Sulteng Siang Ini

KEPRIPOS.COM – Gempa dengan kekuatan 5,3 magnitudo mengguncang Sulawesi Tengah (Sulteng) siang ini, Senin 8 …

Leave a Reply