Home / Berita / Pemerintah Diminta Beri Perhatian Serius Natuna dan Anambas

Pemerintah Diminta Beri Perhatian Serius Natuna dan Anambas

SALISMA.COM (SC), NATUNA – Bupati Natuna, Hamid Rizal mengatakan, perlu adanya penyusunan rencana pembangunan dan pengelolaan secara khusus untuk Kabupaten Anambas dan Natuna. Karena kedua kabupaten mempunyai potensi besar yang dapat dimanfaatkan negara lain.
 
“Wilayah kita rawan diperebutkan oleh negara lain, sebab Natuna dan Anambas mempunyai Sumber Daya Alam yang cukup besar,” Kata Hamid Rizal saat memberikan sambutan sekaligus membuka secara resmi acara Focus Group Discussion (FGD) Badan Perencanaan, Penelitian dan Pembangunan Daerah (BP3D) Kabupaten Natuna bersama Pemkab Kepulauan Anambas di Gedung Serindit, Ranai, Natuna, Selasa (31/10).
 
Tidak hanya itu, menurutnya Sumber Daya Alam yang dimiliki dua kabupaten tersebut bahkan dapat membiayai negara lain. Karena selama ini sumber daya laut Natuna dan Anambas selalu menjadi sasaran bagi para pencuri ikan oleh nelayan asing.
 
“Potensi yang ada bahkan bisa membiayai sebuah negara lain. Karena Natuna ini sangat rawan, di kawasan ZEE sana banyak nelayan asing berkeliaran. Bahkan mereka dikawal langsung oleh coast guard, apa tidak berbahaya Natuna ini. Untuk itu kita harus kembangkan lagi, tingkatkan statusnya menjadi provinsi,” tutur Hamid Rizal.
 
Ia menambahkan sudah selayaknya Natuna dan Anambas menjadi perhatian serius oleh pemerintah. Karena jarak kabupaten dengan ibu kota Provinsi Kepulauan Riau, Tanjungpinang, cukup jauh.
 
“Natuna dan Anambas harus dikembangkan lagi, karena jarak kita menuju ibu kota provinsi itu sangat jauh,” kata Hamid.
Hamid berharap, Natuna dan Anambas akan lebih bersinergi dalam membangunan daerah demi tercapainya masyarakat yang sejahtera.
 
Sebagai narasumber dalam kegiatan tersebut hadir Prof Dr Sadu Wasistiono MSi, Dr Dedeh Maryani, Mm, Dr Wangsih MPd, dan Sultan Rahmadin (IPDN Bandung).
Hadir pula dalam kegiatan tersebut, Sekda Natuna, Wan Siswandi, Wakil Ketua DPRD Natuna, yaitu Hadi Candra dan Daeng Amhar, beberapa anggota DPRD Anambas, kepala Bapeda Kepulauan Anambas, FKPD, OPD Natuna dan para camat. (*)

Check Also

Harga Emas Antam Melandai Lagi, Ini Rinciannya

KEPRIPOS.COM – Harga emas Antam hari ini kembali turun. Hari ini harga emas batangan 24 …

Leave a Reply