Home / Berita / Hanya Sebagian Warga Kepri Rasakan Gerhana Bulan

Hanya Sebagian Warga Kepri Rasakan Gerhana Bulan

KEPRIPOS.COM (KPC), BATAM – Masyarakat Provinsi Kepulauan Riau turut merasakan gerhana bulan pada Rabu (31/1) malam. Namun tidak semua wilayah akan terlihat gerhana bulan.

Hanya sebagian kabupaten/kota di Provinsi Kepri akan mengalami gerhana bulan Rabu malam awal hingga tengah malam. Gerhana bulan total akan dirasakan masyarakat di wilayah tengah dan timur,” ujar Kepala BMKG Hang Nadim Batam, Parmin, Senin (29/1).

Gerhana bulan total kata Parmin adalah peristiwa ketika terhalanginya cahaya matahari oleh bumi sehingga cahayanya tidak sampai ke bulan. “Peristiwa ini hanya terjadi pada saat bulan purnama dan dapat diprediksi sebelumnya,” katanya.

Parmin mengatakan wilayah Indonesia yang dapat mengamati keseluruhan proses Gerhana Bulan Total adalah Jawa Timur, Kalimantan, Sulawesi, Bali, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Maluku, Maluku Utara dan Papua.

Sementara yang bisa menyaksikan gerhana bulan sebagian mulai dari Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam Sumatera Utara, Barat, Selatan, Jambi, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah dan Banten.

Dari data yang dikirimkannya di grup whatsapp wilayah Indonesia barat gerhana bulan akan mulai terlihat pada pukul 17:49 wib, Indonesia tengah pada pukul 18:49 wita dan Indonesia timur pada pukul 19:49 wita.

Kemudian gerhana bulan sebagian akan mulai tampak di wilayah Indonesia barat pada pukul 18:48 wib, Indonesia tengah 19:48 wita dan Indonesia timur pada 20:48 wita. Gerhana bulan total di wilayah Indonesia barat terjadi pada pukul 19:51 wib, Indonesia tengah pukul 20:51 wita dan Indonesia timur pukul 21:51 wit.

Sedangkan puncak gerhana akan terlihat di wilayah Indonesia barat pada pukul 20:29 wib, Indonesia tengah 21:29 wib, Indonesia timur 22:29 wib. Sementara gerhana total berakhir di wilayah Indonesia barat pada pukul 21:08 wib, Indonesia tengah pukul 22:08 wita dan Indonesia timur pukul 23:08 wit.

“Durasi dari fase totalitas gerhana hingga berakhir diprakirakan berlangsung selama satu jam 16,8menit dan durasi ini merupakan salah satu durasi totalitas terlama dalam abad ini,” kata Parmin. (*)

Check Also

Gempa Kuat 5,3 M Guncang Sulteng Siang Ini

KEPRIPOS.COM – Gempa dengan kekuatan 5,3 magnitudo mengguncang Sulawesi Tengah (Sulteng) siang ini, Senin 8 …

Leave a Reply