Home / Berita / Lanal Dabo Singkep Berhasil Kelola Lahan Tidur Jadi Kebun Jagung

Lanal Dabo Singkep Berhasil Kelola Lahan Tidur Jadi Kebun Jagung

KEPRIPOS.COM (KPC), TANJUNGPINANG – Komandan Lanal Dabo Singkep Letkol Laut (P) Agus Yudho Kristianto mengatakan, lahan seluas 1,3 hektare berhasil digarap menjadi lahan produktif. Pengelolaan lahan tidur menjadi produktif itu untuk mendukung program ketahanan pangan nasional.
          
“Kami mengubah lahan tidur menjadi perkebunan jagung di lahan di sekitar markas. Hasilnya memuaskan,” ujar Agus Yudho di Tanjungpinang, Rabu kemarin.
         
Agus mengemukakan, panen perdana jagung dengan kualitas baik dilakukan bersama seluruh anggota Lanal Dabo Singkep dan pengurus Jalasenastri.
         
Kepuasan mengubah lahan yang dulunya semak berukar menjadi  perkebunan jagung itu terutama dirasakan oleh anggota Lanal Dabo Singkep yang beberapa bulan lalu pernah ditugaskan mencari informasi dari pekebun lokal terkait rencana penanaman jagung. Saat itu, tidak ada satu pun petani yang merekomendasikan lahan itu dijadikan sebagai perkebunan atau pertanian, karena banyak batuan dan keras.
         
“Sebelum digarap, anggota Lanal pernah mencari petani penggarap di sekitar Dabo, namun para petani tersebut menyatakan bahwa lahan tersebut tidak bisa ditanami karena merupakan tanah galian dan banyak batunya. Berkat kegigihan anggota Lanal Dabo Singkep pernyataan petani penggarap tersebut dapat ditepis dengan bukti bahwa pada hari ini bisa melakukan panen dari tanaman jagung yang mulai di tanam sejak 70 hari yang lalu,” ujarnya.
         
Ia mengatakan panen jagung ini merupakan bukti bahwa apabila dikerjakan dengan sungguh sungguh diikuti niat yang tulus dan diiringi dengan doa, maka tidak ada rintangan yang tidak bisa diatasi.
         
“Tuhan menciptakan alam ini sebagai alam yang subur dan dipenuhi dengan berkah. Kita harus terus berkarya dan selalu penuh semangat,” ucapnya.
        
Selain tanaman jagung, lanjutnya masih ada sebagian lahan yang digarap oleh anggota Lanal  Dabo Singkep untuk dipersiapkan menjadi kebun sayuran terong. (*)

Check Also

Luncurkan Aplikasi QRIS Bank Riau Kepri, Gubernur Kepri: Satu Langkah Percepat Digitalisasi

KEPRIPOS.COM, TANJUNGPINANG – Gubernur Provinsi Kepri H Ansar Ahmad SE MM bersama Direktur Utama Bank …

Leave a Reply