Home / Ekbis / Layanan Data dan Internet Tumbuhkan Bisnis Telkom

Layanan Data dan Internet Tumbuhkan Bisnis Telkom

KEPRIPOS.COM (KPC) – PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom) mempertahankan kinerja yang memuaskan dengan membukukan pertumbuhan triple double digit growth pada semester I 2016.

Pertumbuhan terjadi pada pendapatan yang sebesar 15,6 persen, Earning Before Interest, Taxes, Depreciation, and Amortization (EBITDA) sebesar 22,8 persen, dan laba bersih sebesar 33,3 persen.

“Pertumbuhan ini disokong oleh bisnis Data, Internet, dan IT Services,” kata Direktur Keuangan Telkom Harry M.Zen di BEI Jakarta pada 4 Agustus 2016.
Menurutnya, pada pendapatan kenaikan 15,6 persen ini setara dengan Rp56,45 triliun. Sedangkan, pada periode di tahun sebelumnya pertumbuhan berada pada besaran Rp48,84 triliun.
Kemudian, EBITDA naik 22,8 persen yang senilai Rp28,8 triliun, lebih tinggi dibandingkan periode yang sama pada 2015 sebesar Rp23,46 triliun.
Lalu, laba bersih Telkom menunjukkan angka sebesar Rp9,93 triliun, di mana naik 33,3 persen dari laba bersih periode sama di tahun lalu sebesar Rp7,45 triliun.
Harry menyebutkan bisnis data, internet, dan IT services tumbuh 50,7 persen dengan kontribusi sebesar Rp22,64 triliun atau 40,1 persen dari keseluruhan pendapatan Perseroan.
“Pertumbuhan pada pendapatan data, internet, dan IT Services tidak terlepas dari perluasan infrastruktur fiber optic dan BTS (Base Transceiver Station) 3G atau 4G sesuai arah strategi perusahaan menuju digital company,” ujarnya.
Saat ini pihaknya tengah mempersiapkan bisnis digital untuk menjadi engine of growth dimasa mendatang.
Pelanggan selular
Sementara itu, pelanggan layanan selular mangalami pertumbuhan sebesar 9,2 persen atau menjadi 157,39 juta user. Pelanggan mobile internet tumbuh 48,2 persen menjadi 49,85 juta user.
Sedangkan, pelanggan fixed broadband tumbuh 15,7 persen atau sebanyak 4,3 juta user, termasuk di antaranya 1,5 juta pelanggan IndiHome.
(VIVA.co.id)

Check Also

Permudah Jasa Layanan Perbankan, Bank Riau Kepri dan Pemkab Rohil MoU

KEPRIPOS.COM – PT. Bank Riau Kepri jalin kerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) dalam …

Leave a Reply