Home / Berita / Lima Jenis Kantong Semar Jadi Ciri Khas di Kebun Raya Batam 

Lima Jenis Kantong Semar Jadi Ciri Khas di Kebun Raya Batam 

KEPRIPOS.COM (KPC), BATAM – Kebun Raya (KR) Batam memiliki ciri khas tanaman jenis Nepenthes. Saat ini KR sudah memiliki 10 ribu jenis tanaman yang diambil dari pesisir pantai dan pulau-pulau kecil yang tersebar di Provinsi Kepulauan Riau.
 
Irwan Saputra Kepala Bidang Pertamanan dan Pemakanam Kota Batam menuturkan, Nepenthes merupakan jenis tanaman karnivora dan merupakan salah satu tanaman untuk dikonservasi. “Biasanya kita sebut kantung semar,” jelas Irwan, Jumat (27/10/2017).
 
Irwan mengatakan, saat ini ada lima jenis kantung semar di Kebun Raya Batam, yaitu jenis Gracilis, Ampullaria, Tricocharpa, Rafflesiana dan Hookeriana.
 
“Kebun Raya Batam memang belum resmi dibuka untuk masyarakat umum. Namun beberapa sekolah dari semua tingkat kerap melakukan kunjungan,” katanya.
 
Selain itu lanjut Irwan, Kebun Raya Batam juga memiliki 3.017 jenis pohon yang juga didapat dari pesisir dan pulau-pulau di Kepri. “Rencananya tanggal 5 Maret 2018 kita prelauching,” kata Irwan.
 
Kebun Raya Batam akan menjadi salah satu daya tarik wisata baru bagi Wisatawan Nusantara dan Mancanegara. Total keseluruhan anggaran untuk membangun Kebun Raya Batam mencapai Rp 800 miliar dengan luas lahan 86 hektare. (*)

Check Also

Gempa Kuat 5,3 M Guncang Sulteng Siang Ini

KEPRIPOS.COM – Gempa dengan kekuatan 5,3 magnitudo mengguncang Sulawesi Tengah (Sulteng) siang ini, Senin 8 …

Leave a Reply