Home / Berita / Siswa SMPN 2 Singkep Pesisir Terpaksa Belajar di Bangunan Mirip Gubuk

Siswa SMPN 2 Singkep Pesisir Terpaksa Belajar di Bangunan Mirip Gubuk

KEPRIPOS.COM (KPC), LINGGA – Meski lahan sudah dihibahkan warga beberapa tahun lalu, hingga saat ini Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 2 Singkep Pesisir di Desa Berindat, Kabupaten Lingga tak kunjung dibangun. Akibatnya siswa harus belajar dibangunan yang seperti gubuk. 
 
Kepala Desa, Berindat Idris saat ditemui mengatakan, sekolah menegah itu sudah berdiri sejak empat tahun yang lalu, yang awalnya adalah sekolah kelas jauh yang terdiri dari dua lokal dengan jumlah siswa mencapai lima puluh orang.
 
“Kami sudah hibahkan lahan, tapi pembangunannya sudah beberapa tahun diajukan belum juga direalisasi,” kata Idris disela-sela reses Ketua Komisi I DPRD Kabupaten Lingga Neko Wesha Pawelloy, Jumat (27/10/2017).
 
Kondisi sekolah tersebut hanya berdindingkan papan untuk kelas X dan XI, sementara untuk kelas XII dibuat bangunan baru mirip dengan kios-kios kecil dipinggiran jalan. Untuk ruang majelis guru, sekolah ini berinisiatif meminjam ruang ganti panggung seni milik Desa Berindat yang letaknya berdekatan dengan sekolah tersebut.
 
Kondisi sekolah yang terletak dibelakang SD 003 Berindat tersebut, juga berada tepat dipinggir jalan stapak yang diseberangnya banyak terdapat rumah warga. Letak bangunan sekolah ini tidak jauh dari perkotaan, hanya beberapa meter dari pinggir jalan utama menuju ke Kota Dabo dan Pelabuhan Jagoh.
 
Bahkan papan nama sekolah tersebut juga tidak ada, hanya ada spanduk ukuran 1×3 meter himbauan untuk sekolah gratis.
 
“Sekolah kami ini, tahun yang lalu baru saja meluluskan siswa, yang Ujian Nasionalnya digelar menumpang di Sekolah lain,” sebut Kepala Desa tersebut bersama warga.
 
Meski kondisi seluruh bangunan sekolah ini sangat memperihatinkan, tapi tidak menyusutkan semangat anak-anak di Sekolah ini untuk belajar. Bahkan menurut perangkat Desa setempat sekolah ini juga, beberapa kali mewakili Kecamatan Singkep pesisir untuk mengikuti berbagai ajang di tingkat Kabupaten hingga Provinsi.
 
Masyarakat setempat juga mengharapkan agar dibuat jalan tembus dari Desa Tanjung Harapan menuju ke Sekolah ini, karna tidak sedikit juga anak-anak di Desa Tanjung harapan yang ingin bersekolah di SMP Negeri 2 Singkep Pesisir ini namun, masih terkendala jalan tembus yang cukup jauh. (*)

Check Also

Harga Emas Antam Melandai Lagi, Ini Rinciannya

KEPRIPOS.COM – Harga emas Antam hari ini kembali turun. Hari ini harga emas batangan 24 …

Leave a Reply