Home / Otomotif / Mengulik Fitur Skuter Listrik Gesits dan United T1800

Mengulik Fitur Skuter Listrik Gesits dan United T1800

KEPRIPOS.COM – Sepeda motor listrik mulai banyak di Indonesia. Tiap merek menawarkan produk yang bersaing, baik dari segi harga, model, desain dan fitur.

Kompas.com menjajal dua motor listrik yaitu Gesits dan United T1800. Gesits merupakan merek lokal yang juga dibangun dan diproduksi di Indonesia.

Adapun United T1800 merupakan motor listrik terbaru dari United. Merek asal Indonesia yang selama ini lebih dikenal sebagai produsen sepeda gowes.

Per Maret 2021 harga Gesits di diler Gesits Sukses Makmur (GSM) sebesar Rp 27,5 juta. Adapun United T1800 dibanderol Rp 27 juta on the road (OTR) Jakarta.

Lantas bagaimana perbandingan fitur keduanya? Berikut ulasannya.

Gesits Meski fitur yang ditawarkan tak banyak, tapi menurut tim Kompas.com, fitur Gesits sudah cukup mengakomodasi kebutuhan konsumen di perkotaan.

Dimulai dari area setang, terdapat beberapa tombol dengan masing-masing fungsi. Di sebelah kanan, ada tombol dengan lambang seperti electric starter pada motor biasa. Namun, untuk Gesits ini fungsinya lebih kepada tombol pengaman.

Jadi, saat motor dihidupkan, tuas gas tidak bisa langsung berfungsi. Penggunanya harus menekan tombol tersebut, baru tuas gas bisa berfungsi

fitur ini berguna untuk mencegah anak kecil menarik tuas gas secara tidak sengaja. Di sebelah tombol tadi, ada tombol lagi dengan lambang R (Reverse).

Dengan menekan tombol ini lalu memutar tuas gas, motor bisa mundur. Lalu, ada juga tombol untuk pilihan mode berkendara. Ada 3 mode pada Gesits, mode pertama atau Echo, kecepatan maksimumnya hanya sekitar 25 kpj. Mode kedua yaitu Urban mencapai 50 kpj. Sedangkan mode Sport mencapai 70 kpj.

Pada bagian tengah, terdapat layar Multi Information Display (MID) yang ukurannya cukup besar.

Informasi yang ditampilkan juga cukup lengkap, mulai dari speedometer, indikator baterai, suhu motor listrik, mode berkendara, waktu, koneksi bluetooth, dan peta atau navigasi.

Layar MID ini bisa terkoneksi dengan smartphone menggunakan koneksi Bluetooth. Dengan cara instal terlebih dahulu aplikasi Gesits di smartphone.

Selain itu, bisa juga mengaktifkan navigasi dan peta akan ditampilkan di layar MID.

Untuk setang sebelah kiri, ada tombol hazard dan tombol-tombol standar lainnya, seperti lampu dekat dan jauh, lampu sein, serta klakson.

Gesits menyediakan sedikit ruang di bawah jok atau bagasi. Namun, kapasitasnya tidak besar, dan diutamakan untuk membawa charger motor listrik.

Panel instrumen sudah LED. Informasi yang disajikan mencakup speedometer, odometer, indikator sein, indikator lampu jauh dan lampu dekat, dan indikator siap dijalankan.

United T1800 punya tiga mode kecepatan. Mode 1 maksimal bisa sampai kecepatan 50 kpj, Mode 2 maksimal 60 kpj dan Mode 3 maksimal 65 kpj. Ada juga Mode Turbo yang bisa meningkatkan kecepatan sampai 70 kpj.

Motor juga dibekali gigi mundur alias reverse. Tombolnya di pangkal setang kiri. Cara mengoperasikannya dengan ditekan sambil digas. Kecepatan maksimal mundur ialah 3 kpj.

Untuk menyalakan motor pada dasarnya bisa dilakukan dengan tiga cara, pertama pakai kunci kontak, kedua pakai remote, dan ketiga pakai tombol start stop.

United T1800 punya fitur bernama repair mode sebagai antisipasi jika gas rusak, maka motor masih bisa dijalankan. Tombol ini tidak berfungsi jika gas masih berfungsi normal.

Fitur lainnya ialah speaker yang bisa terkoneksi dengan bluetooth. Letaknya di dek bagian depan kiri dan kanan di bawah glove box.

Tombol pengoperasian pengeras suara ini terketak di bagian depan kiri atas. Tombol-tombolnya volume dan di bawahnya juga tersedia colokan USB.

Dengan fitur ini pengendara bisa mendengarkan musik dengan cara pairing dengan ponsel. Selain itu pengeras suara itu juga punya fitur racer sound alias suara knalpot buatan.

Kesimpulan Secara garis besar fitur yang ditawarkan Gesits tidak sebanyak United T1800. Meski demikian tim penguji Kompas.com sepakat bahwa fiturnya sudah cukup akomodatif. Adapun fitur berlimpah United T1800 bisa saja tidak terpakai semua. Salah satunya seperti menyalakan motor yang bisa dilakukan dengan tiga cara. Fitur suara knalpot buatan juga bisa dikatakan gimmick. Sebab di Indonesia belum ada aturan motor lisrik mesti punya suara artifisial, jadi sifatnya tambahan. (kompascom)

Check Also

Diskon PPnBM 0% Akan Berakhir, Minggu Depan Harga Daihatsu Rocky Naik Rp 9,3 Juta

KEPRIPOS.COM – Bulan Mei 2021 segera tuntas, artinya relaksasi berupa diskon PPnBM (Pajak Penjualan atas …

Leave a Reply