Home / Otomotif / Mobil Kota Berubah Jadi SUV, Toyota Aygo Cross Siap Meluncur

Mobil Kota Berubah Jadi SUV, Toyota Aygo Cross Siap Meluncur

KEPRIPOS.COM-Ramainya pasar SUV mungil membuat Toyota mengeluarkan isyarat untuk mengubah mobil kota Aygo. Seperti diketahui, Toyota Aygo merupakan salah satu city car terlaris di Eropa yang dipasarkan sejak 2005.

Lance Scott, Design Director of Toyota ED2 Studio, generasi baru Aygo akan dibuat lebih berani dan mengejutkan. Sebab secara desain, Aygo sudah terlihat cukup menonjol di kelasnya.

“Idenya untuk membentuk model yang menjanjikan banyak kesenangan,” ujar Scott, dilansir dari Automotive News Europe (22/3/2021)

Proyek yang diberi nama Aygo X Prologue ini dirancang di studio ED2 di Sophia-Antipolis, dekat Nice, Perancis. Secara dimensi, Aygo X Prologue akan memiliki panjang 3.700 mm atau lebih panjang 5 mm dari Aygo.

Karena menjadi SUV, dari sisi ground clearance bakal mendapat peningkatan dibanding model sebelumnya.

Sedangkan soal namanya, besar kemungkinan mobil ini akan diberi nama Aygo Cross. Meniru penamaan pada Yaris Cross.

Sebab secara basis, keduanya juga punya kemiripan, dengan sama-sama menggunakan Toyota New Global Architecture versi GA-B.

Bicara perihal dapur pacu, Toyota mengatakan bakal menyiapkan versi mesin bakar internal untuk menjaga mobil tetap terjangkau di segmen yang sensitif dengan harga.

Meski begitu, belum diketahui apakah Aygo Cross ini akan memiliki mesin hybrid seperti yang diusung Yaris Cross atau tidak. Namun, Toyota memastikan bahwa model ini tidak akan menjadi mobil listrik berbasis baterai.

Aygo Cross diprediksi bakal dikenalkan ke publik sekitar enam bulan ke depan. Mobil ini rencananya bakal diproduksi di pabriknya di Kolin, Republik Ceko, tempat di mana Aygo bersama Peugeot 108 dan Citroen C1 sama-sama dibuat.
(kompas.com)

Check Also

5 Hal Penting Ini Harus Dilakukan Saat Belajar Mengendarai Mobil Manual

KEPRIPOS.COM – Belajar mobil manual memang gampang-gampang susah, apalagi bagi pengendara yang tidak terbiasa dengan …

Leave a Reply