Home / Otomotif / Nih, Sosok Motor KTM yang Bakal Turun ke MotoGP Tahun Depan

Nih, Sosok Motor KTM yang Bakal Turun ke MotoGP Tahun Depan

KEPRIPOS.COM (KPC), Styria – Pabrikan otomotif asal Austria, KTM, resmi membuka selubung sepeda motor yang akan berlaga di ajang balap roda dua nomor satu dunia, MotoGP, di Red Bull Ring, Austria, Minggu (14/8/2016). Motor ini dinamakan KTM RC16 V4.

Tahun depan, KTM RC16 V4 akan dikendarai oleh Pol Espargaro dan Bradley Smith. Keduanya saat ini masih berstatus pembalap Yamaha Tech 3, namun dipastikan akan pindah musim depan. Keduanya akan bergabung dengan pembalap veteran Mika Kallio.

Kallio, yang bertugas melakukan uji coba, mengatakan bahwa KTM RC16 V4 pada dasarnya adalah motor yang baik, meski memang belum sempurna. “Ada banyak hal yang harus ditingkatkan, tapi kami berada di rel yang benar dan pada level yang baik,” ujarnya seperti dikutip dari cyclenews.com.

Meski telah diperkenalkan ke publik, KTM belum mau terlalu terbuka tentang spesifikasi motor berkelir dasar biru tua ini. Misalnya, akapah engkol berputar maju atau mundur, dan detail mesin. KTM hanya mengatakan mesin ini berbeda dengan yang pernah mereka produksi sebelumnya, yang punya kubikasi 990 cc.

KTM juga mengatakan mesin ini masih didesain oleh orang yang sama, Kurt Trieb. Meski demikian, mesin baru ini berhasil menambal kelemahan mesin terdahulu berdasarkan pada pengalaman mereka bertanding di Moto3.

Sementara itu, menurut CEO KTM Group, Stefan Pierer, turut serta di ajang balap MotoGP adalah mimpinya. Dengan turut serta di MotoGP, maka eksistensi KTM akan diakui, setara dengan pabrikan mapan lain seperti Yamaha dan Honda.

“Kami sekarang menjual 60 persen dari 200 ribu motor yang kami produksi, dan untuk diterima ke tingkat sport tertinggi, Anda harus menjadi bagian dari MotoGP. Balap adalah filosofi kami,” ujarnya, dikutip dari motogp.com.

 

(Liputan6.com)

Check Also

Honda Luncurkan All New Civic Hatchback, Intip Fitur Canggihnya

KEPRIPOS.COM – Honda Motor Co., Ltd. meluncurkan All New Civic Hatchback di Tokyo, Jepang, secara …

Leave a Reply