Home / Lifestyle / Perbedaan Mobilitas dan Fleksibilitas Kebugaran

Perbedaan Mobilitas dan Fleksibilitas Kebugaran

KEPRIPOS.COM-Mobilitas dan fleksibilitas merupakan dua aspek terpenting dalam mencapai kebugaran tubuh. Namun, biasanya orang hanya fokus pada latihan fleksibilitas saja.

Kedua hal itu memang agak sedikit mirip, tetapi fokus latihannya sebenarnya berbeda.

Mobilitas adalah kemampuan sendi untuk bergerak bebas melalui berbagai gerakan tanpa rasa sakit dan tidak nyaman. Sedangkan fleksibilitas adalah kemampuan otot memanjang sepenuhnya.

Lalu, apalagi yang membedakan keduanya? Kamu bisa melihat secara jelas bedanya ketika mengikuti kelas yoga. Apabila ketika dalam satu posisi tertentu kamu gemetar dan muka memerah menahan gerakan, kemungkinan besar kamu kurang fleksibel.

Sementara itu, jika kamu agak sulit melakukan latihan squat secara mendalam, itu artinya kemampuan mobilitas terbatas.

Kurang terasahnya kedua kemampuan ini dapat menghambat gerakan dan kemampuan atletik. Jadi, jika kamu ingin melatih mobilitas dan fleksibilitas, mulailah memperhatikan berbagai gerakan ketika berolahraga, dan secara aktif terus meningkatkannya.

Jangan melupakan sesi pemanasan dan pendinginan. Peregangan dinamis (sebelum latihan) dan peregangan statis (setelah latihan) sangat efektif untuk meningkatkan mobilitas dan fleksibilitas.

Tentu pemanasan dan pendinginan juga akan mencegah kita mengalami cedera yang bisa saja terjadi. (kompas.com)

Check Also

Pola Pikir Positif Ibu Menghasilkan Anak yang Tangguh

KEPRIPOS.COM-Otak anak membutuhkan banyak hal untuk tumbuh dan berkembang dengan cara yang sehat. Selain nutrisi, …

Leave a Reply